Review Drama Korea: Go Back Couple

Review Drama Korea: Go Back Couple
Gambar: www.dramafever.com


Rupanya kerinduan saya terhadap drama Korea belum tuntas nih he he. Kelar nonton drama While You Were Sleeping jadi pengen cari-cari tontonan lain. Akhirnya rasa penasaran membawa saya pada drama berjudul Go Back Couple yang dibintangi Jang Nara dan Son Ho Jun Buat para Mama kece di luar sana, nonton drama ini mungkin bakalan mesam-mesem. Ibarat kalau chat, pakai emoticon nyengir lebar, gigi keliatan, tapi air mata keluar ha ha. Kenapa? Yah karena mungkin beberapa hal yang dialami tokoh utama yang seorang ibu rumah tangga ini sudah pernah dialami banyak ibu, termasuk saya.


Jadi ceritanya tentang apa nih? Tentang pasangan suami istri Ma Jin Joo (Jang Nara) dan Choi Ban Do (Son Ho Jun) yang sedang mengalami krisis hubungan suami istri. Jin Joo dan Ban Do yang bertemu saat mereka masih kuliah, menikah di usia yang cukup muda. Awalnya ya lovey dovey, biar kata gaji Ban Do pas-pasan, mereka berdua hepi-hepi aja. 

Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka mulai dingin. Apalagi masing-masing menganggap tugas dan tanggung jawab merekalah yang paling berat. Ban Do mati-matian banting tulang demi memenuhi kebutuhan keluarga. Kadang harus menghadapi klien yang reseh dan harus menutupi perselingkuhan kliennya.

Ma Jin Joo before and after.
Gambar: www.soompi.com

Di sisi lain sebagai ibu rumah tangga, Jin Joo merasa jadi nggak percaya diri. Ngurus rumah, suami, dan anak memang menantang ya, Omma! Pakai baju yang penting nyaman. Sampai kadang nggak ngeh bajunya ketumpahan makanan anak. Mana rambut kayak nggak sisiran. Tapi gimana mau dandan? Mau eek aja ditungguin anak. Baru mau makan dengan tenang, anak sudah nangis lagi. 

Pas anak tiba-tiba sakit, suami susah dihubungi. Padahal suami juga lagi usaha nyenengin kliennya demi dapet orderan obat-obatan. Jadi Jin Joo ini sales marketing perusahaan obat, klien-kliennya ya dokter-dokter terutama yang jadi petinggi di rumah sakit.

Suatu hari Jin Joo nemu kotak berisi perhiasan. Udah GR aja kirain itu hadiah buat ulang tahun pernikahan mereka. Ternyata itu hadiah buat istri kliennya. Ntah itu titipan (si dokter minta dibelikan) atau itu hadiah Ban Do biar si dokter seneng dan order banyak obat-obatan, saya lupa. Intinya sih Jin Joo jadi kesel dan kecewa. Malam harinya saat mau pulang ke rumah, Ban Do sengaja beli buket bunga untuk Jin Joo. Tapi tiba-tiba kliennya nelpon butuh bantuan ngumpetin selingkuhannya. Duh... Sampe segitunya ya Ban Do harus nyenengin kliennya. 

Tapi ada teman Jin Joo yang kebetulan lewat malah ngira Ban Do selingkuh dan laporan ke Jin Joo! Apesnya belum kelar nih, Ban Do terpaksa harus jadi sasaran dokter dan istrinya yang dateng ke TKP. Ah pokoknya dokter ini licik berat deh. Nikah sama istrinya cuma karena istrinya tajir sementara di belakangnya hobi selingkuh.

Baper-baperan karena komunikasi suami-istri bermasalah.
Gambar: www.soompi.com

Karena mukanya rada babak belur, Ban Do jadi ogah pulang ke rumah. Niatnya sih nggak mau bikin istri khawatir. Jadilah doi memutuskan tidur di mobil aja. Sementara Jin Joo yang kaget berat dikirimi foto 'bukti' perselingkuhan, tambah panas dapat pesan kalau suaminya nggak bisa pulang. Akhirnya telpon-telponan, marah-marahan, dan keluarlah ucapan talak alias cerai dari keduanya diiringi derasnya hujan di malam hari.

Trus beneran cerai? Iya... Tapi Ban Do punya satu permintaan, yaitu dibolehin sering-sering nengok Seo Jin anak semata wayang mereka yang baru berumur satu tahunan. Soalnya Ban Do memang sayang dan bangga banget sama anaknya, apalagi mereka baru punya anak setelah lama menikah. Ban Do pulang ke rumah orang tuanya dan Jin Joo mampir ke makam ibunya. Nggak asing sama wajah aktris yang jadi ibunya Jin Joo? Pokoknya ahjumma ini favorit dan dikenal ya di kalangan penyuka drama Korea. Aktris yang bernama Kim Mi Kyung ini pernah main di drama Saimdang, Another Miss Oh, Yong Pal, Healer, The Heirs, Master's Sun, Faith, dan seabrek drama populer lainnya. Ia juga pernah main bareng Jang Nara di drama Babyfaced Beauty.

Review Drama Korea: Go Back Couple
Nggak asing kan sama wajah ahjussi dan ahjumma ini?
Gambar: www.soompi.com

Eh yang jadi ayahnya Jin Joo juga mukanya nggak asing. Lee Byung Joon ahjussi ini pernah main di drama Another Miss Oh, She Was Pretty, Faith, Dream High, Secret Garden, Dae Jang Geum, dan lain-lain. Nggak kalah tenar produktif deh sama Kim Mi Kyung ahjumma. Aktingnya juga nggak perlu diragukan lagi. Bisa memerankan karakter memelas, nyebelin, sampai jahat dengan baik. Ahjussi ini juga dosen akting lho.

Back to the story. Malam harinya Ban Do melepaskan dan melempar cincin kawinnya ke luar jendela, di saat yang bersamaan Jin Joo yang sedang naik bis, melepaskan dan membuang cincin kawinnya lewat jendela bus. Cincin mereka berdua tiba-tiba berpendar dan lenyap! Hal anehpun terjadi, esok harinya mereka berdua bangun di rumah orang tua masing-masing dan kembali ke masa lalu saat mereka berusia 20 tahun dan masih kuliah!!!

Kembali ke masa-masa kuliah.
Gambar: www.soompi.com

Awalnya mereka kira ini mimpi. Jin Joo yang bahagia banget bisa ketemu ibunya lagi bahkan sampai tidur bareng sang ibu, karena ia yakin ini cuma mimpi. Ternyata besoknya lagi dan besoknya lagi, mereka tetap jadi diri mereka saat muda dulu. Usia, fisik, penampilan masih 20 tahun, tapi di dalam mereka adalah diri mereka dari masa depan. Nggak heran kalau orang-orang di sekeliling mereka sempat heran karena mereka jadi aneh banget.

Bahagia bisa kembali ke masa lalu merekapun bertekad berusaha nggak mau kenal or berhubungan satu sama lain. Soalnya mereka menganggap hidupnya jadi susah gara-gara menikah, ya intinya sih saling menyalahkanlah. Ban Do ingin mengejar cinta pertamanya dulu, seorang cewek dari jurusan tari yang cantik bernama Seo Young Sementara Jin Joo ditaksir oleh Nam Gil, kakak kelas yang ganteng, tinggi, pintar, cool, dan dari keluarga tajir pula. Saat cinta dari 'pasangan ideal' sudah di depan mata, apa yang akan dilakukan Ban Do dan Jin Joo?

Bareng gebetan masing-masing (tapi diem-diem jealous cieee).
Gambar: www.dramabeans.com

Saat nonton drama ini, memang bener deh. I can relate to some scenes. Siapa yang pernah terpaksa pipis or bahkan mpup sambil mangku anak? Ih kok anak dibawa pipis sama eek sih? Nggak bau? Nggak ini nggak itu? Nggak bisa ditinggal? Nggak ada yang jagain? Saya cuma bisa bilang "cuma emak-emak yang tau rasanya" wkwkwkwk. Anak sakit dan suami nggak ada di rumah? Pernah ngalami juga. Ya ma gimana dong, soalnya lagi ditinggal dinas luar. Akhirnya waktu itu keliling-keliling cari dokter anak diantar tetangga. 

Drama ini juga bikin saya tertampar sih. Melihat gimana perjuangan Ban Do demi mencari nafkah untuk keluarganya dan berusaha menutupi masalah yang dihadapi di lingkungan kerjanya membuat saya jadi ngelus dada dan istighfar. Bisa jadi si Papa juga gitu, kalau kerja kadang harus menghadapi orang-orang yang rodo ngeyel dan nggak bener hasil kerjanya. Tapi untungnya si Papa masih suka cerita sih walau nggak detil/nggak cerita hal-hal yang sifatnya rahasia kerjaan (emang kerjanya di mana sih ya? ha ha). Kalau ada orang-orang yang nyebelin sih kadang suka cerita, biar ngurang-ngurangi proses pemutihan rambut hi hi.

Mas Ban Do Nggak mau pulang bukan karena selingkuh, Mbak Jin Joo.
Tapi karena nggak mau ketauan habis dipukul klien yang reseh.
Gambar: www.soompi.com


Btw, nggak cuma Ban Do dan Jin Joo si yang punya masalah. Walau tentu aja ceritanya nggak sebanyak porsi tokoh utama, ada juga masalah antara dua teman mereka Jae Woo dan Bo Reum, antara orang tuanya Ban Do, antara Nam Gil (kakak kelas yang naksir Jin Joo) dan ayah, ibu, serta ibu tirinya, juga antara Seo Young (cinta pertama Ban Do) dengan orang tuanya.

Nam Gil yang 'dingin' karena sering dikecewakan ayah dan ibu kandungnya.
Gambar: www.dramabeans.com

Beware of second male lead syndrome he he.
Gambar: www.soompi.com

Apa lesson learnednya? Komunikasi! Kadang kita harus peka kalau pasangan, orang tua, atau anak memberikan kode-kode tertentu untuk dimengerti. Tapi di sisi lain juga jangan keseringan kasi kode dong ya, ungkapkan perasaan dan pikiran dengan jelas supaya lebih dimengerti. Dan komunikasi antara dua orang dewasa harusnya lebih pakai nalar daripada emosi. Duh saya jadi diingetin lagi deh sama materi Komunikasi Produktif di sebuah kelas online ha ha. 

Tapi bener kan yaaaa. Perempuan kan kadang suka gitu. Mainnya kirim-kirim kode. Kalau kodenya nggak dimengerti, yang ada jadi pundung. Sementara laki-laki maunya yang "Ya bilang aja dong, gw kan nggak bisa baca pikiran loooo!" Atau yang begini nih, perempuan kalau ada masalah tuh maunya ditanya, disayang-sayang, didengerin curhatannya. Meanwhile kadang laki-laki kalau ada masalah nggak cerita-cerita karena nggak mau orang-orang terdekatnya khawatir. Hubungan antara anak dan orangtua juga kadang nggak lepas dari miskomunikasi. Apalagi kalau ada orangtua yang suka memaksakan kehendak mereka ke anak, dan menuntut anak untuk berprestasi setinggi langit tanpa peduli perasaaan dan kemauan anak. Di sisi lain ada juga anak yang dingin dan cuek terhadap perhatian dan kasih sayang tulus orangtua. 

Di drama ini, tokoh-tokohnya banyak yang kemudian menyadari "Ohh, rupanya si dia nggak seperti yang saya kira sebelumnya." Yang dikira nggak peduli, padahal sebenarnya sangat care sekali (lebay dah udah pake kata sangat, pakai sekali pula). So selain komunikasi produktif, mari berpikir positif terhadap diri sendiri dan pasangan masing-masing. Jangan mikirin pasangan orang lain ya, nggak boleh ha ha ha. Kalau hidup sebagai suami istri mulai terasa monoton, sebaiknya secara berkala meluangkan waktu berdua aja, atau kalau belum memungkinkan ya lebih seringlah pergi piknik keluarga meski nggak harus ke tempat yang jauh #kodebanget ha ha ha. Selain itu, perlu juga punya waktu untuk me time, biar suami nggak kerjaaaa melulu, atau istri nggak ngurusin rumah dan anak melulu.

Yunho yang jadi cameo di drama ini.
Gambar: www.soompi.com

Jadi gimana nih penilaianya tentang drama ini. Buat saya pribadi nilai 8/10 deh. Meski ada unsur fantasinya (kembali ke masa lalu) tapi banyak hal di drama ini yang nyata terjadi di kehidupan sehari-hari. Hikmah yang bisa diambil dari drama ini juga oke. Oh iya, karena ceritanya Jin Joo dan Ban Do kembali ke tahun 1999, jadi penonton bisa bernostalgia dengan beberapa benda yang ngehits pada jamannya. Misalnya apa? Handphone dan gaya berpakaian jaman mbiyen hi hi. Oh iya, di drama ini ada cameo Yunho TVXQ. Nah saya baru inget kalau Yunho dan Son Ho Jun memang sohib dekat dari jaman mereka masih susah.

Btw, kalau soundtracknya gimana? Hmm... Biasa aja sih, karena ntahlah lagunya nggak ada satupun yang nyantol di benak saya. Nggak seperti drama While You Were Sleeping yang saya tonton sebelumnya.

Review Drama Korea: Go Back Couple
Ma Jin Joo, Choi Ban Do, dan teman-teman kampus mereka.
Gambar: www.soompi.com

Tapi ada yang ngeselin juga sih dari drama ini. Apaan? Awet mudanya Jang Nara itu yang 'nyebelin' ha ha ha. Soalnya masih cocok sih berperan jadi anak kuliahan. Di drama-drama sebelumnya juga pernah menyamar jadi anak SMA dan kok ya pantes-pantes aja. Sama kayak pas main di Babyfaced Beauty, jadi perempuan usia 30an yang dikira masih usia 20an karena wajahnya imut-imut. Nggak cuma Jang Nara yang awet muda, di drama ini ada aktris bernama Ko Bo Gyeol (yang jadi cinta pertamanya Bang Do). Saya kira usia baru 20an awal. Ternyata kelahiran 1988! #brb #ambilantiaging he he. Aaah sekarang nonton drama Korea apalagi yaaa???

Judul: Go Back Couple/Confession Couple.
Genre: Comedy, drama, romance.
Pemeran: Jang Nara, Son Ho Jun.
Episode: 12.
Durasi per episode: 70 menit.
Stasiun: KBS2.
Tayang: 13 Oktober - 18 November 2017.

7 comments on "Review Drama Korea: Go Back Couple"
  1. saya malah berharap Jin Joo ga balik lagi sama Ban Do tapi jadian sama Nam Gil hahahaa :) Jang Na Ra awet muda bener ya kayaknya bukan anti aging nya bukan di pakai mbak tapi dimakan hahahaaa :)

    ReplyDelete
  2. Aku baru nonton ini episode pertama, trs langsung bosen gituuu.. weheheheheee. Tapi kayanya beneran bagus ya, nnti coba lanjutin aaaah

    ReplyDelete
  3. Saya baru aja tadi malam nyelesain drakornya sampe tamat mba. Saya suka banget ama drakornya. Krn ceritanya itu sehari-hari dan pengalaman berumaj tangga. Banyak bgt ilmunya n slain itu drakornya menghibur lagi karena banyak sisi humornya di dalamnya 😃

    ReplyDelete
  4. belum nonton drakor yang ini nih...mau nonton ahh

    ReplyDelete
  5. Jang Nara emang mukanya imut ya, jd pas masuk usia anak kuliah jg pas. Dulu ada drakor yg balik ke masa lalu jg dan sok gak mau sama suami masa depannya. Masalahnya sama, komunikasi

    Walaupun sdh balik ke masa lalu, kayanya masa depan gak berubah banyak deh

    Well, aku slalu suka Lee Byung Joon. Dia kalau main total. Pdahal perannya singkat. Tp di The Heirs kece abis

    ReplyDelete
  6. Saya juga udah nonton drakor ini dan sukaaa :-) pada akhirnya jodoh selaly menemukan jalan untuk bersatu ya, Mbak. Walaupun mereka pas kembali ke masa silam sepakat untuk tidak saling berhubungan, ya tetap aja namanya jodoh kembali berjodoh :-)

    ReplyDelete
  7. Wah, kalau first female lead-nya Jang Na Ra pasti kocak, Mbak, soalnya sering nonton drakornya yang ber genre komedi. Tapi kalau baca sekilas review di atas kayaknya emang bener kalau nonton bisa ketawa sambil nangis, baper karena inget-inget kita sebagai ibu-ibu irl yang memang "Jin Jo banget".. Oke, makasih rekomendasinya Mbak Heni... Lagi pengen bernostalgia sama drakor #halah :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9