Tuesday, November 14, 2017

6 Tips Agar Anak Mau Mandi dengan Senang Hati

Gambar: www.pixabay.com

Moms, ada yang sering mengalami drama-drama di pagi hari nggak? Biasanya drama apa aja tuh? Kalau saya sih pagi harinya nggak jauh-jauh dari keriwehan beres-beres, masak, dan menyiapkan ini itu untuk Rayyaan yang mau sekolah.

Apalagi nih kalau si Papa lagi nggak di rumah (dinas luar). Otomatis kan saya tuh yang ngantar ke sekolah. Razqa juga ikut dong. Jadi ngapain-ngapain harus lebih gesis sat set sat set. Gitu deh istilah Eyang/Akungnya anak-anak.

Tapi kadang ada aja sih tantangannya, salah satunya seputar mengajak Rayyaan mandi. Kalau Razqa kan tinggal dicemplungin aja ke bak ahaha. Eh tapi kadang-kadang juga protes lho diajak mandi. Duuh padahal Mamae lagi buru-buru. Gimana dong tipsnya supaya anak mau mandi dengan senang hati?



1. Tidak Memaksa Mandi Air Hangat atau Dingin 

Ada anak-anak yang justru nggak mau mandi air hangat. Sementara Rayyaan dan Razqa dua-duanya maunya mandi air hangat. “Ih anak sayamah umur dua bulan udah mandi air dingin.” Ya biarin ajalah, itukan anak ibu, bukan anak saya he he.

Dahulu kala pernah ada teman yang share info yang bagus di FB, sayang saya lupa ngesave. Atau pernah disave tapi ntah di mana ha ha. Intinya sih, mandi air hangat maupun air dingin ada manfaatnya masing-masing. Jadi ya sok atuh jangan dipaksain anaknya mandi air dingin kalau memang nggak mau. Wong Mamanya yang ngerebus air aja nggak protes he he.

Ya pokoknya jangan paksa mandi pakai air hangat/dingin kalau memang nggak terbiasa. Daripada ngambek pas dimandiin atau malah nggak mau mandi he he. 

2. Boleh Membawa Mainan 

Anak-anak biasanya lebih semangat kalau mandinya bawa mainan. Bayi sih biasanya mainannya macam bebek-bebekan karet ya. Yang kalau dipencet bunyi “o ek o ek o ek”. Tau kan? Kalau nggak tau kebangetan he he.

Kalau Rayyaan lagi nggak mood mandi, sering saya tanya “Mana mobil yang mau dicuci/dimandikan?” Biasanya jadi lebih semangat deh. Razqapun begitu, pernah juga kok tumben-tumbennya ogah main air di bak mandinya. Pas dicemplungin bebek-bebekan ih jadi seneng deh, anteng di bak mandi.

Gambar: www.pixabay.com

3. Mandi Sambil Bermain 

Apa bedanya sama bawa mainan? Ehmm… Gimana ya njelasinnya? He he. Contohnya gini nih, Rayyaan kan suka mobil-mobilan dan suka mobil pemadam kebakaran. Jadi kalau dia lagi misuh-misuh pas diajak mandi, saya suka bilang gini “Mobilnya disemprot air dulu, lalu diberi sabun dan digosok-gosok.

Kemudian disiram air sampai bersih dan dilap.” Jadi pura-puranya lagi ada di cucian mobil gitu deh. Atau pura-pura lagi ada di waterboom dan ada ember raksasa yang airnya tumpah. Atau pura-pura ada kebakaran (yang ini agak serem ya ihihihihi, tapi beneran cuma akting, jangan diaminin ya Allah).

Intinya sih ngajak mandinya jangan lempeng-lempeng aja. Ya meski saya tau, butuh tenaga ekstra untuk melakukannya terutama saat Mamae lagi moody he he. Begitu juga kalau memandikan bayi, sambil diajak bercandaan si adek bayinya. Pasti deh lebih semangat mandinya.

4. Pakai Sabun dan Sampo Khusus

Ya iyalah, bayi ya pakai produk khusus, anak-anak juga. Masa pakai produk untuk dewasa??? Kalau bayi sih nggak bisa milih ya. Orang tuanya yang harus memilihkan produk perawatan kulit bayi termasuk sabun dan sampo yang cocok, lembut, dan aman di kulitnya.

Nah kalau sudah lebih besar, sudah bisa milih nih. Udah mulai suka sabun atau sampo yang diiklankan di TV? Ya wajar aja sih. Namanya juga anak-anak. Pastilah lebih tertarik dengan produk yang beraroma buah-buahan trus kemasannya warna-warni.

Apalagi kalau ada gambar tokok kartunya, bisa-bisa tambah seneng deh si bocah. Sayapun begitu “Kakak, yuk mandi pakai sabun gambar kereta apinya.” “Ayok, Maaah!”

5. Ceritakan Tentang Manfaat Mandi

Anak-anak harus tau dong mandi itu untuk apa. Jadi pas ngajak mandi bisa deh diselipin dikit-dikit manfatnya, misalnya “Kak, mandi yuk biar bersih dan harum/biar kumannya hilang/supaya kulitnya sehat.”

Kalau untuk adek bayi? Ya sebenarnya sama aja sih. Nggak apa-apa kan sambi dimandikan sambil bilang “Adek, mandi dulu yuk, biar kulitnya bersiiiiih!” Apalagi Kakak sudah belajar hadits tentang Kebersihan Sebagian dari Iman. Jadi anak soleh harus bersiiiih. 

6. Mama Papanya Juga Rajin Mandi Dooong!

Yakali nyuruh anak mandi tapi orangtuanya males mandi, hiiiii. Biasanya sih sebelum meminta Rayyaan mandi atau memandikan Razqa, saya sudah mandi duluan. Jadi kalau ditanya “Mama sudah mandi?” “Sudah dong, Mama sudah bersih dan harum.” Dan jangan mandi cuma kalau mau pergi aja ya he he. 

Tips supaya anak mau mandi dengan senang hati ini berdasarkan pengalaman saya mengajak Rayyaan mandi. Ada yang punya tips juga nggak, Moms? Boleh dong dishare juga.


5 comments:

  1. Hihi...mandiin anak2 tuh butuh waktu lama. Jadi harus benar2 ngatur waktu. Belum njerang air hangatnya kan...woooo

    ReplyDelete
  2. Anakku seneng banget kl diajak mandi, mainan kransama gayung. Ngga tau mungkin masih 23 bulan ya,pasrah aja kl mandi hehe..

    ReplyDelete
  3. Kayaknya bawa mainan pas mandi manjur banget itu mak :D

    ReplyDelete
  4. Hahahaha.. anak aku banget daaah, satu bak isinya mainan dia semua.. set daaaah..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  5. patut di bookmark ini tipsnya :) biar ga kaget pas punya anak nanti...hehehe

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29