Tuesday, October 10, 2017

6 Jenis Kolam Renang dan Kegunaannya

Gambar: www.pixabay.com

Bagi sebagian orang memiliki kolam renang di rumah menjadi makna tersendiri bagi pemiliknya. Banyak faktor yang menjadi alasan mengapa orang ingin membuat kolam renang sendiri di rumah. Ada yang ingin mempercantik rumah dengan kolam renang, ada yang hobi berenang dan ingin menjadikannya sebagai sarana olahraga dan hiburan bagi keluarga. 

Pada umumnya, kolam renang digunakan sebagai sarana untuk olahraga air yaitu berenang. Namun, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya di kolam renang seperti berjemur, berendam, bermain air dan sebagainya. Nah, bagi yang ingin memiliki kolam renang di rumah. Sebaiknya tentukan dahulu model kolam renang yang sesuai dengan luas lahan yang dimiliki. Tentukan juga letak kolam renang yang diinginkan inginkan, apakah mau di letakkan di indoor atau outdoor. Gunakanlah jasa pembuatan kolam renang agar kolam renang impian bisa terpenuhi. 

Berdasarkan kegunaan dan fungsinya, ternyata kolam renang memiliki berbagai macam jenis. Yuk, simak informasi di bawah ini! 

1. Jacuzzi 
Ini merupakan salah satu kolam renang kecil yang bisa dibat di rumah minimalis. Jacuzzi atau bisa disebut hot tub ini merupakan sebuah kolam renang yang digunakan untuk tempat spa. Jacuzzi memiliki manfaat terkait dengan kesehatan diantaranya merelaksasi otot kaku serta meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lancar. Pada umumnya, hot tub ini dilengkapi dengan fitur tambahan seperti alat pemanas atau heater. Kita bisa mengatur suhu kehangatan air sesuai keinginan. Jacuzzi ini sangat cocok digunakan untuk terapi maupun berendam sambil merilekskan anggota tubuh.

Gambar: www.pixabay.com

2. Kolam renang pribadi
Kolam renang ini dikenal dengan sebutan private pool. Jenis kolam renang ini berfungsi untuk sarana hiburan keluarga di rumah. Selain itu bisa juga berfungsi sebagai kegiatan olahraga air yaitu berenang untuk anggota keluarga. Biasanya bentuk dan model kolam renang pribadi ini disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Selain itu, kolam renang pribadi ini juga bisa menambah keindahan desian rumah dan menambah nilai jual rumah tersebut.

Gambar: www.pixabay.com

3. Kolam renang umum 
Kolam renang jenis ini merupakan kolam renang bermain yang diperuntukkan untuk publik. Siapa pun boleh masuk dan menikmati kolam renang bersama dengan membayar tiket masuk. Pada umumnya, kolam renang umum ini letaknya tidak jauh dari masyarakat atau pemukiman penduduk. Agar mereka bisa berekreasi bersama keluarga ke kolam renang umum tersebut. Pada umumnya, kolam renang umum ini juga memiliki fasilitas bermain sebagai pelengkap bermain dan olahraga untuk masyarakat. Kolam renang jenis ini dapat dengan mudah kita temui dimana pun seperti Atlantis, water boom, bahkan di hotel atau komplek perumahan. 

4. Exercise pool
Jenis kolam renang ini menurut kegunaannya sebagai kolam renang latihan. Sesuai dengan namanya, kolam renang jenis ini memiliki fungsi untuk melakukan latihan renang. Kolam renang ini  dibangun untuk tempat berlatih olahraga air seperti berenang, polo air, selacar dan sebagainya. Pada umumnya kolam ini membutuhkan lahan yang cukup luas yang dilengkapi dengan tenaga khusus atau pelatih. 

5. Lap pool
Kolam renang jenis ini dibangun dengan bentuk yang panjang dan sempit. Lap pool ini bisa diterapkan untuk rumah. Kolam renang jenis ini diperuntukkan untuk keperluan khusus, bisa untuk terapi. Sama seperti exercise pool, lap pool ini juga bisa digunakan sebagai latihan olahraga air. 

6. Kompetisi pool
Kolam renang jenis ini biasanya dibangun di area kawasan stadium atau sport center yang memiliki lahan luas. Misalnya kolam renang yang berada di area Gelora Bung Karno. Kolam renang ini dilengkapi dengan tribun penonton yang dibangun secara luas dan lebar sesuai dengan standard khusus. Kolam ini diperuntukkan untuk melakukan kegiatan kompetisi renang maupun olahraga lainnya. 

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai 6 jenis kolam renang dan fungsinya. Semoga bisa menginspirasi! 

2 comments:

  1. Enak kali ya mak kalo ada kolam renang pribadi dirumah.. tapi pasti perawatannya juga tinggi. Terima kasih atas sharingnya :)

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  2. ternyata kolam renang juga ada macam2 ya dan sesuai fungsinya :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29