Saturday, September 30, 2017

Berwisata ke Tana Toraja, Jangan Lewatkan Destinasi Berikut Ini

Dari berbagai tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan, Tana Toraja adalah kawasan yang nggak boleh dilewatkan. Tempat ini punya banyak lokasi indah dan juga budaya yang masih dijaga sampai sekarang.

Sudah punya rencana ke Toraja tapi belum tahu mau main ke mana? Coba cek beberapa destinasi berikut ini yang sayang untuk dilewatkan.

Kete’ Kesu

Kampung ini berada di Pantanakan Lolo, Kesu, Kawasan Toraja Utara. Pemandangan indah berupa bangunan rumah-rumah adat Toraja masih terjaga di sini, sehingga banyak yang menyebut Kete’ Kesu sebagai museum hidup.

Kete’ Kesu bukan selama 24 jam, meski lebih banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini di pagi sampai sore hari. Untuk menuju ke sana pun tidak sulit, ada banyak guide dari Makassar yang bisa membantu menuju Kete’ Kesu di Toraja.

Bori’ Kalimbuang

sumber:detik.com

Di sini adalah pusatnya menhir dari zaman batu tersimpan dengan rapi. Menhir-menhir itu berjajar dengan berbagai ukuran diantara rumah-rumah adat dan semuanya dijaga kelestariannya.

Berada di Bori, Sasean, Toraja Utara, kita bisa mengunjungi tempat ini kapan saja. Namun untuk melihat keindahannya dengan lebih cantik, lebih baik berkunjung ketika matahari masih bersinar.

Selain Menhir, kita juga akan menemukan berbagai peninggalan dari zaman batu di sini. Seperti sebuah batu raksasa yang punya jendela-jendela unik. Semuanya ada di Bori’ Kalembuang.

Lemo

Nggak sah rasanya ke Toraja kalau tak mengunjungi Lemo, kompleks pemakaman batu yang sudah berdiri sejak abad ke-16. Meski kompleks pemakaman, namun tempat ini tidak menyeramkan. Justru menarik karena berbeda dengan pemakaman lainnya di Indonesia.

Kalau kamu beruntung, ada upacara ma’nene yang dilakukan masyarakat Toraja untuk memakamkan kerabatnya. Tidak semua orang bisa dimakamkan di atas tebing itu. Hanya orang tertentu yang memiliki biaya untuk menggelar upacaranya yang bisa. Yang menarik, jenazah yang meninggal berjalan sendiri ke atas bukit dengan bantuan alam gaib. 

Pango – Pango

sumber:wisatalengkap.com

Kawasan ini berada di atas bukit, dengan pemandangan lembah Toraja yang kerap kali tertutup awan putih. Serasa berada di atas awan jika berkunjung ke kawasan Pango-Pango.

Buntu Burake

Sebuah patung Yesus berukuran raksasa dibangun di tepi tebing Buntu Burake, Makale. Untuk menuju ke puncaknya, pengunjung harus naik ratusan anak tangga. Jadi persiapkan fisik sebaik mungkin kalau mau berkunjung ke Buntu Burake ya. 

Kondongan Ba’lele

Kampung cantik ini punya rumah-rumah khas Toraja yang masih berdiri dengan megahnya. Tidak seperti kampung lainnya yang sudah full jadi museum dan tempat wisata, di Kondongan Ba’lele suasananya benar-benar seperti kampung pada umumnya. Dengan sawah hijau membentang, juga kebun bunga yang dijaga apik oleh masyarakat.

Rute ke Toraja

sumber:irvanroberto84.wordpress.com

Tujuan pertama yang harus didatangi sebelum ke Tana Toraja adalah Makassar. Dari pusat Ibukota Sulawesi Selatan ini, lanjutkan perjalanan dengan menumpang Aviastar menuju Tana Toraja. Jaraknya dekat saja, hanya sekitar 50 menit perjalanan.

Tiket Aviastar bisa kita dapatkan secara online. Demikian pula dengan jadwal penerbangan Aviastar, bisa dicek juga lewat website. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan naik pesawat jam berapa ke Makassar agar bisa naik Aviastar langsung ke Tana Toraja.

Perjalanan darat pun bisa ditempuh, namun memakan waktu lama dan tidak setiap saat ada bus yang berangkat ke Toraja. Dengan naik Aviastar, kita memangkas beberapa jam perjalanan sekaligus, dan liburan pasti jadi lebih menyenangkan karena tidak terlalu melelahkan. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29