Saturday, April 8, 2017

Cegah Gigitan Nyamuk dengan Lotion Anti Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Cegah Gigitan Nyamuk dengan Lotion Anti Nyamuk yang Aman untuk Bayi
"Kelambunya sudah ditutup belum?" 

Setiap malam nggak bosan-bosannya Eyang dan Akungnya duo R mengecek apakah cucu-cucunya aman dari gigitan nyamuk. Jumlah nyamuk yang mampir ke rumah sih nggak banyak-banyak banget. Tapi tetaplah ya biar cuma seekor dua ekor, baru nempel sebentar di kulit sudah bikin gatal. 

Tebak siapa yang paling jadi favorit para nyamuk? Baby Razqa! Arrrrgh!!!

Nyamuk baru nempel sebentar aja kulitnya sudah langsung merah. Makanya kalau tidur wajib deh pakai kelambu baik siang maupun malam. Kalau malam kami memasang kelambu gantung ukuran besar. Kalau siang Razqa tidur dengan kelambu tenda ukuran kecil.

Saat tidur si baby terlindungi oleh kelambu. Tapi di waktu lain misalnya saat sedang main bagaimana? 

Kan mainnya nggak melulu di tempat tidur. Bisa bosen deh apalagi sekarang sudah bisa ngoceh bernada protes kalau disuruh tiduran terus di kasur he he. Gimana kalau pakai baju lengan panjang plus celana panjang dan kaus kaki? 

Bisa juga siiih. Tapi kalau udara lagi panas-panasnya yang ada Razqa rewel karena gerah pakai baju panjang. Kayaknya perlu perlindungan lain deh buat si baby supaya bebas gigitan nyamuk saat bermain atau kalau Mamanya lupa masang kelambu tenda saat ia tidur siang (upss hi hi).

Kulit Razqa jadi merah, bentol, dan gatal akibat gigitan nyamuk. Hiks...

Kulit merah, bentol, dan gatal karena gigitan nyamuk aja sudah cukup mengganggu. Kalau yang mampir nyamuk Aedes Aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab demam berdarah mau gigit si adek bagaimana? Oh no!!!

Karena Indonesia ternyata berada pada peringkat dua negara endemis demam berdarah jadi ancaman demam berdarah tidak bisa dianggap sepele. Tiga tahun terakhir kasus DBD meningkat di provinsi Lampung tempat kami tinggal. Tahun 2014 ada 1.317 kasus, tahun 2015 ada 2.996 kasus, dan tahun 2016 ada 4.523 kasus. Di kota Bandar Lampung sendiri pada Januari 2017 lalu ada 30 kasus DBD. 

Beberapa gejalanya antara lain rasa nyeri pada perut, pendarahan di hidung, mulut, dan gusi, memar pada kulit, serta sering muntah dengan atau tanpa darah.

Saya nggak mau dong kalau ada anggota keluarga terutama si baby yang sampai terkena DBD akibat virus dengue yang ditularkan melalui perantara nyamuk. FYI nyamuk Aedes Aegypti ini biasa mencari makan pada pagi dan sore hari. Kira-kira jam 9-11 pagi dan jam 15-18 sore. Jam segitu biasanya Razqa lagi minta diajak main tuh.

Kalau hanya pakai minyak telon saja ternyata kurang mempan mencegah gigitan nyamuk. Hmm gimana kalau pakai lotion anti nyamuk ya?

Eh tapi memangnya boleh gitu bayi pakai lotion anti nyamuk?

Karena pada umumnya lotion anti nyamuk mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang efektif mencegah gigitan nyamuk. Namun DEET tidak boleh digunakan untuk anak berusia di bawah 2 tahun

Jadi ada nggak nih lotion anti nyamuk yang aman untuk bayi? Misalnya yang mengandung citronella oil alias minyak sereh. Sereh??? Yang suka dipakai ibu-ibu untuk masak???

Iyaaa! Untuk bayi disarankan gunakan lotion anti nyamuk yang mengandung bahan alami seperti minyak sereh karena baunya tidak disukai nyamuk dan serangga. Wah kalau saya mah suka banget bau sereh.

So sudah nemu belum lotion anti nyamuk yang pas untuk Razqa? Sudaaaah! Yaaaay!!! Saya dapat Bambi Anti Mosquito Lotion ini waktu belaja produk perawatan bayi di glamizka.com.

Ada beberapa hal yang membuat saya memutuskan membeli lotion anti nyamuk dari Bambi:
1. DEET free.
2. Formulasi lembut aman untuk bayi.
3. Mengandung bahan alami citronella oil alias minyak sereh.
4. Mengandung bahan anti iritasi (Pro Vit B5, Licorice, dan Chamomile) yang melindungi dan menyejukkan kulit bayi yang kemerahan akibat iritasi.
5. Teruji efektif melindungi kulit dari gigitan nyamuk selama 6-8 jam. 
6. Sudah memiliki sertifikasi halal MUI.

Pilih-pilih produk yang mau dibeli.

Kelar belanja. Gampang banget ternyata belanja di Glamizka.


Selain Bambi Anti Mosquito Lotion ada dua produk lain yang saya beli yaitu Bambi Hair & Body Bath (jenis sabun bayi favorit saya karena praktis bisa sekalian untuk keramas he he) dan Bambi Minyak Telon supaya perut Razqa tetap hangat.

Lotion anti nyamuk, hair and body bath, serta minyak telon dari Bambi.

Nggak perlu tunggu waktu lama. Tanggal 30 Maret pesan, tanggal 1 April paket berisi pesanan saya sudah tiba dengan selamat di rumah.

Lalu bagaimana kesan setelah mencoba si lotion anti nyamuk ke Razqa? I love it deh. Saya coba ulas per poin ya, yuk disimak.

Kemasan:

Lotion anti nyamuk ini dikemas dalam tube berwarna biru dengan tutup putih. Mudah dibuka dan isinya nggak mudah berceceran. Kemasannya praktis dibawa kemana-mana. Di kemasan juga tertera ingredients atau bahan-bahan lotionnya.

Label halal MUInya nggak tertera di kemasan tapi jangan khawatir karena saya sudah cek di direktori produk halalnya MUI ada kok registrasi untuk produk-produk Bambi dan semua masih berlaku.

Sudah bersertifikat halal MUI.

Tekstur dan aroma:

Tekstur lotionnya ringan. Saat dioleskan rasanya adem dan nggak lengket di kulit si baby. Aromanya sereh bangeeeet. Suka deh!


Kandungan:

Bahan aktif citronella oil 2,5% dan anti irritant complex (Pro Vit B5, Licorice Root Extract, & Chamomile Flower Extract) 0,5%.

Cara pemakaian:

Oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal dan pada bagian kulit yang akan dilindungi dari gigitan nyamuk dan serangga.

Harga:

Rp 24.000 per tube (isi 50 ml). Super duper terjangkau banget deh.



Testimoni setelah pemakaian:

Setelah beberapa hari pemakaian, berdasarkan pengamatan lotion ini memang ampuh mencegah gigitan nyamuk. Saya mengoleskannya tipis-tipis dua kali sehari (pagi dan sore) ke tangan, lengan, dan kaki Razqa. Si baby nyaman-nyaman aja kulitnya diolesi lotion apalagi memang sama sekali nggak lengket di kulit.

Akhirnya lotion ini juga saya oleskan ke kulitnya si kakak. Siapa tau nyamuknya cari sasaran lain setelah gagal menghisap darahnya Razqa (ih kok jadi serem begini istilahnya he he).


Bakal beli lagi nggak?

Definitely! Bahan aman, sudah bersertifikat halal MUI, efektif mencegah gigitan nyamuk, nggak perlu dioles banyak-banyak, harganya terjangkau pula.

Kalau main kaki dan tanganku jadi nggak digigitin nyamuk lagi setelah dioles pakai lotion dari Bambi.

Jadi untuk bu-ibu yang punya bayi dan di rumahnya sering dikunjungi nyamuk, Bambi Anti Mosquito Lotion ini recommended banget deh untuk dicoba. Si baby bisa bebas main dan tenang tidur tanpa gigitan nyamuk-nyamuk nakal.

Find Bambi Anti Mosquito Lotion here:



8 comments:

  1. Kayanya ini harus aki rekomendasi ke Kakakku deh buat anaknya. Banyak nyamuk-nyamuk nakal sih di rumahku huhu. Makasih infonya ya Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup Mbak
      Cobain deh, ksian klo digigit nyamuk, kulitnya merah2 huhu

      Delete
  2. Waah, jadi pingin nyobain juga mba, apalagi klo lagi ke medan tempat kakek buyutnya aisy, buanyak banget nyamuknya sampai badan bentol2 besar, huhu.. tfs mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pakai lotion ini Mbak buat cegah gigitan nyamuk hehe, org dewasa yg digigit aja rsnya ga nyaman, apalagi anak2 ya

      Delete
  3. Dek Razqa bule banget ya, hehe... Iya kasihan ah kalau lagi main digigit nyamuk karena kan belum bisa garuk. Mesti pakai lotion anti nyamuk khusus bayi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dia pasrah aja klo digigit nyamuk, tau2 bentol merah besar hiks

      Delete
  4. tadinya nggak tau sekarang jadi tau, hm tapi klo yang sya tau lotion anti nyamuk itu ada yang bisa bikin kulit item, bambi lotion itu gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaa Allah si nggak ya. Buat bayi kan insyaa Allah aman. Klo lotion anti nyamuk u dewasa, sy mmg ga pernah mau pakai. Krn pernah liat penggaris plastik yg ketetesan lotion itu jadi lonyot.

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29