Monday, March 13, 2017

Sering Kurang Tidur? Ini Lho Dampak Negatifnya

Sering Kurang Tidur? Ini Lho Dampak Negatifnya
Pic: Pixabay.com

Razqa masih suka ngajak begadangan nggak? Pertanyaan itu kerap ditanyakan pada saya setelah punya bayi lagi. Alhamdulillah nyaris nggak pernah. Mungkin Razqa tau Mamanya sudah nggak kuat sering-sering begadangan? Hehe bisa jadi.

Kalau saat kuliah dulu harus begadang mengerjakan laporan (harus pakai mesin ketik, Sist! Haha) dan nyaris nggak tidur sih masih kuat. Sekarang? Begadang semalam, keliyengannya seminggu hi hi. 

Hobi begadangan? Sebaiknya kita kurangi deh. Ada beberapa dampak negatif nih dari kurang tidur di malam hari:

1. Bangun kesiangan
Tidur larut bahkan baru tidur saat dini hari bisa membuat kita terlambat bangun di pagi harinya. Selain bisa melewatkan ibadah sholat subuh, rutinitas pagi hari seperti memasak dan membereskan rumah bisa-bisa juga terhambat.

2. Jadi pelupa dan kurang fokus
Kurang tidur ternyata membuat kita kurang konsentrasi. Jadi nggak heran deh kalau setelah begadangan, pagi atau siang harinya kita banyak lupa ini itu dan nggak nyambung kalau diajak ngobrol.

3. Gampang senewen
Pernah merasa pengen bilang “Senggol bacok!” ugh serem. Jangan-jangan kita kurang tidur. Soalnya cukup tidur sangat berpengaruh pada mood kita. Jangan sampai ya anak yang terkena imbas bad moodnya kita karena kurang tidur.

Pic: Freepik.com

4. Imunitas melemah
Duh yang ini serem juga. Selain membuat kita jadi mudah marah, kurang tidur juga bisa melemahkan kekebalan tubuh. Bisa-bisa gampang sakit deh.

5. Kreativitas berkurang
Tidur berperan penting dalam pembentukan memori. Saat tidur, otak kita mengolah dan memperkuat ingatan. Proses ini tidak hanya membantu kita belajar namun juga meningkatkan kreativitas. Kalau kurang tidur bagaimana? Ya siap-siapa saja mengalami penurunan kreativitas.

6. Mudah stres
Kurang tidur bisa membuat kita mudah marah, cemas, dan tertekan. Banyak kasus orang mengalami stres karena kurang tidur.

7. Kulit kusam
Nah ini dia yang nggak kalah bikin kesel he he, kurang tidur membuat kulit kusam! Selain itu tanda-tanda penuaan kulit bisa muncul lebih cepat.

Pic: Freepik.com

Bagi orang dewasa waktu tidur yang direkomendasikan secara medis adalah 6-9 jam sehari. Jadi bagaimana ya supaya bisa cukup tidur? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya mendapatkan tidur cukup dan berkualitas:

1. Bagi ibu yang masih menyusui terutama bayi yang baru lahir, ikut tidurlah saat bayi sedang tertidur. Tidak apa-apa rumah berantakan sebentar. Berbagi tugaslah dengan suami dan curi waktu untuk ikut tidur saat bayi tidur supaya kita lebih bugar.

2. Tidur siang dengan anak. Anak balita memang sudah mulai susah diajak tidur siang namun biasanya mau tidur juga jika ditemani ibunya. Ini kesempatan bagi kita untuk bisa beristirahat dan tidur sejenak.

3. Rebahkan diri di tempat tidur saat sudah masuk jam tidur yang kita tentukan. Matikan TV dan gadget serta redupkan lampu untuk membuat kita tidur lebih cepat.

4. Mandi dengan air hangat supaya otot lebih rileks.

5. Atur ruangan supaya suhunya lebih rendah misalnya dengan menggunakan AC atau kipas angin. Udara panas memang membuat kita sulit tidur. Sementara suhu dan udara yang lebih sejuk bisa membuat tidur lebih nyenyak.

6. Gunakan tempat tidur yang nyaman. Misalnya kasur springbed yang empuk tapi bisa menopang tubuh dengan baik sehingga kita bisa tidur nyenyak berkualitas dan badan segar kembali saat bangun. Tempat tidur di rumah tidak seperti ini? Cek toko online yang menjual tempat tidur deh.


Nah itu dia dampak negatif dari kurang tidur di malam hari serta beberapa tips untuk mendapatkan tidur cukup dan berkualitas. Terapkan yuk supaya kita bisa hidup lebih sehat.

10 comments:

  1. Akuuuu.. dan dampaknya sudah kelihatan Mbak. Sering lupa dan kusem ni kulit :D

    ReplyDelete
  2. Sering tidur kemaleman nemenin anak2 belajar. Soalnya udah gede2, belajarnya tambah lama. Sementara emaknya tambah tuwek, gak kuat juga sebenere tapi kasihan kalau nggak ditemenin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak2 sekolah bisa tidur siang Mbak he he

      Delete
  3. akuu kurang tidur sejak punya baby hoho...
    emang bener sih dampaknya yg disebutkan di atas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D sejak punya anak pertama sering kurang tidur hi hi, sekarang ketambahan bayi juga, tapi kita nikmati aja, soalnya aku aja udah suka baper klo inget si kakak sebentar lagi TK, trus ntar SD dst dst haha

      Delete
  4. Ternyata ada efect nya ya kekurangan tidur, nice informasi

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum...

    Mampir yuk

    coretanhatiukhti.blogspot.com

    Ada artikel terbaru lho :D

    ReplyDelete
  6. Aku kadang2. Biasanya susah tidur kalo tidurnya kemalaman/abis begadang. Imbasnya kerasa, imunitas turun dan kulit kering. Biasanya besoknya aku banyakin minum air putih.

    ReplyDelete
  7. Iyah bener mba. Kurang tidur itu gak baik untuk kesehatan.
    Biasanya kalau saya kurang tidur itu karena ngerjain tugas.
    Yah itulah konsekuen dari menunda-nunda tugas. hhmmm

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29