Friday, October 21, 2016

Lakukan ini di Ruangan Rumah Berpenghuni Lansia

Lakukan ini di Ruangan Rumah Berpenghuni Lansia
Credit pic: Freepik.com

Rumah adalah tempat yang aman, nyaman, dan asri untuk dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, apa jadinya ya jika rumah malah menjadi tempat yang berbahaya khususnya untuk lansia? Rumah bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun atau lansia. Kok bisa? Pasti kita pernah mendengar tentang ada lansia yang jatuh di tangga atau terpeleset di kamar mandi kan? Maka dari itu, rumah harus didesain dengan sangat baik agar nantinya penghuni lansia di rumah tidak mengalami kecelakaan di rumah. 

Ada banyak rumah dijual di Jakarta Selatan yang memang dikonsep sebagai rumah ramah lansia. Hal tersebut bisa diaplikasikan juga di rumah kita apabila ada orang tua berusia lanjut tinggal bersama kita. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya adalah dengan renovasi rumah dengan konsep ramah lansia sehingga lansia dapat beraktivitas dengan baik di dalam rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat rumah lebih aman untuk lansia.

Kamar Tidur

Kamar tidur akan menjadi tempat yang paling banyak digunakan oleh para lansia. Mereka akan lebih sering beristirahat di dalam kamar dibandingkan dengan ruangan lain di dalam rumah. Maka dari itu, kamar harus didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhannya. Letakkan sebuah meja yang permukaannya cukup luas. Tempatkan segala kebutuhan yang diperlukan sehari-hari di meja tersebut sehingga mudah untuk ditemukan dan digunakan. Jangan lupa untuk mengatur dekorasi kamar agar tidak terasa sempit. Rapatkan perabotan ke dinding agar nantinya orang tua tidak tersandung perabotan.

Credit pic: Freepik.com

Ruang Tengah atau Keluarga

Ruang keluarga juga menjadi tempat di mana lansia seiring menghabiskan waktu. Mereka kerap bersantai sambil menonton hiburan di TV. Pastikan seluruh kabel dan juga peralatan tersusun rapi. Jangan sampai nantinya hal ini dapat menyebabkan kecelakaan orang tua. Sediakan bantal yang banyak untuk membuat mereka lebih nyaman.

Tangga

Sebaiknya, lansia tidak memiliki ruangan di bagian atas lantai rumah. Maka sebaiknya lansia memiliki kamar di lantai dasar untuk memudahkan aktivitas. Namun jika memang terpaksa, maka lengkapilah tangga dengan pegangan agar nantinya para lansia dapat naik dan turun tangga dengan nyaman. Selain itu, gunakan lapisan karpet di tangga agar tangga tidak licin. 

Kamar Mandi

Untuk kamar mandi yang kerap digunakan oleh lansia, pastikan kamar mandi memiliki karpet dan juga alas anti licin atau anti selip. Jangan lupa juga untuk memberikan pegangan di sekitar dinding untuk memudahkan mereka berpegangan ketika menggunakan kamar mandi. Gunakanlah toilet duduk untuk memudahkan mereka, sebaiknya hindari gunakan toilet jongkok. 

2 comments:

  1. Betul banget, menjaga Lansia emang perlu ekstra dan penuh kasih sayang. Makasih ya udah mengingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, sama seperti kalau ada anak bayi dan balita, keamanan rumah kalau ada lansia juga perlu lebih diperhatikan.

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29