Friday, September 11, 2015

Ramuan Obat Tradisional Sinusitis

Ramuan Obat Tradisional Sinusitis.

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi - Wikipedia.

Apakah teman-teman ada yang menderita sinusitis? Beberapa tahun lalu ibu saya menderita sinusitis kronis sampai harus dibedah. Ntah mungkin karena kondisi udara yang makin lama makin kurang bersih, kurang lebih dua tahun lalu ibu saya merasa sinusitisnya kambuh. Memang tidak separah saat harus dioperasi. Tapi ibu saya merasa tidak nyaman dan kesakitan ingin mencoba pengobatan dengan cara digurah. Namun ada yang menyarankan untuk mencoba membuat RAMUAN OBAT TRADISIONAL SINUSITIS terlebih dulu. 

Alhamdulillah setelah membuat dan meminum obat tradisional tersebut, hidungnya jadi terasa plong. Jadi niat untuk digurah dibatalkan deh. Jadi sejak itu kalau ibu merasa hidungnya seret (bukan sekedar pilek biasa), langsung deh membuat ramuan obat tradisonal sinusitis sendiri. Begitu juga dengan malam ini. Sudah beberapa minggu ini hujan absen turun di Bandar Lampung. Meski efeknya tidak separah di daerah lain, tapi debu rupanya membuat hidung dan sinusnya terasa mampet lagi.


Karena sinus ada yang terletak di sekitar rongga hidung (di pipi), di antara mata, di dahi, dan di belakang dahi, tidak heran kalau saat merasa kambuh, penderita sinus tidak cuma merasa sakit atau tidak nyaman di hidung dan sekitarnya saja. Tapi juga bisa sampai pusing segala. Nah mumpung ibu saya tadi sedang membuat ramuannya, sekalian deh saya foto proses pembuatannya.

Merebus bahan-bahannya.

Bahan:

1. 5 batang sereh bagian bawah, digeprek.
2. 5 ruas jari jahe, digeprek.
3. 7 lembar sirih.
4. 1 jeruk nipis.
5. 12 cengkeh.
6. 2 gelas air.


Cara membuat:

1. Cuci bersih semua bahan ramuannya.
2. Rebus bahan no 1-5 dengan dua gelas air dengan api sedang.
3. Rebus hingga air menyusut dan didapatkan kurang lebih 1 cangkir air rebusan bahan-bahan tersebut.
4. Saring air rebusannya dan minum selagi hangat.

Setelah airnya disaring, ini nih bahan yang tersisa.

Rasanya bagaimana? Pahit-pahit pedas gitu deh, lebih dominan rasa pahitnya sih he he. Saya sih cuma nyicipin sedikiiiiit saja. Untuk teman-teman yang punya keluhan sinusitis, silakan dicoba. Tapi jika merasa sinusitisnya sudah tahap kronis dan disarankan dokter THT untuk dibedah, menurut pendapat saya si dijalani saja daripada ditunda-tunda. Selanjutnya jika merasa hidungnya mampet lagi, silakan buat RAMUAN OBAT TRADISIONAL SINUSITIS ini.

Kurang lebih didapatkan secangkir ramuan obat tradisional sinusitis.

14 comments:

  1. pait mesti...--"
    semoga selalu sehat biar g kudu minum ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya Mak, dominan paitnya dibanding pedesnya.

      Delete
  2. Setelah di operasi enakan ga mak? Aku juga sinusnya lumayan parah minggu2 ini juga pusing palanya..nyiksa banget deh. Pengen nyobain ah jamunya
    Tbanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ibu saya lebih baik setelah dioperasi Mak. Memang bisa pusing-pusing. Mungkin pengaruh ke sinus yang ada di antara mata & dahi. Coba sambil dikompres pakai air hangat juga :) Semoga membaik ya.

      Delete
  3. Adik saya dulu operasi sinusitis dan sampai sekarang syukur baik.
    Cengkehnya yang kering atau segar mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau nggak ada keluhan Mak.
      Itu cengkehnya yang kering :)

      Delete
  4. Kayaknya pahit dan pedes ya.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  5. btw rasanya gimana ini mbakk ..
    wahh pait kali yaa..

    liat postingan terbaruku sekolah di summarecon bekasi

    ReplyDelete
  6. noted ah, meskipun ga ada yg kena sinusitis di rumah, ntar klo ada yg butuhin aq share artikel ini ya Mama Rayyaan

    ReplyDelete
  7. kemarin mau BBM mbak nanya ini resep hahahah karena pernah kan mbak BBM trus aku lupa save :( makasih udah nulis ini.. *dicateet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Tapi semoga nggak harus sampai minum ramuan ini ya Mbak he he

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29