Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Kabar Baik Buat Para Gamer, ASUS Menghadirkan ROG Strix Scar 16



Sebagaimana seri sebelumnya, ASUS kembali menghadirkan laptop gaming dengan performa unggulan, yakni ROG Strix Scar 16. Laptop gaming ini memiliki performa yang tidak diragukan lagi karena ditenagai oleh Intel® Core™ i9-13980HX Processor generasi terbaru.

Dilengkapi pula dengan berbagai fitur gaming mulai dari sistem pendingin, audio yang jernih, serta layar yang imersif. Laptop gaming ini juga memiliki daya tahan baterai yang tinggi sehingga Anda dapat bermain dalam segi gaming yang lama.

Meski memiliki berbagai kelebihan, ROG Strix Scar 16 ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing di kelasnya. Tak heran jika laptop ini menjadi incaran para gamer, untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.




Spesifikasi ROG Strix Scar 16 

Processor : 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor 2.2 GHz (36M Cache, up to 5.6 GHz, 24 cores: 8 P-cores and 16 E-cores)

Memory : DDR5 32GB Support dual channel memory (Max Capacity 64GB)

Display : 16-inch OLED ROG Nebula HDR Display QHD+ 16:10 (2560 x 1600, WQXGA) 1100nits anti-glare panel

Graphic : NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 Laptop GPU G-Sync

Battery  : 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

OS  : Windows 11 Home

Camera : 720P HD

Storage : 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD

Dimension : 35.4 x 26.4 x 2.26 ~ 3.04 cm (13.94" x 10.39" x 0.89" ~ 1.20")

Weight  : 2.60 Kg (5.73 lbs)

Connection : Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card 

(*Bluetooth® version may change with OS version different)

Alasan ROG Strix Scar 16 Banyak Digemari

Performa Andal

ROG Strix Scar 16 dibekali dengan prosesor yang saat ini menjadi primadona, yakni Intel® Core™ i9-13980HX Processor generasi ke-13. Dengan prosesor ini, Anda dijamin akan menikmati sensasi bermain dengan lancar sehingga betah berlama-lama.

Sementara itu, untuk kartu grafisnya ROG Strix Scar 16 dipercayakan pada NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dengan TGP maksimal 175W. Kelengkapan ini mampu memberi grafik ray tracing sangat realistis sehingga permainan terasa lebih nyata dan tanpa hambatan.

Layar Imersif

Layar yang dimiliki ROG Strix Scar 16 memiliki resolusi QHD (2560 x 1600) dan refresh rate 240Hz. Fitur ini mampu membuat tampilan gambar terlihat tajam dengan gerakan yang halus, meski terkadang tergantung masing-masing game.

Perpaduan teknologi ROG Nebula HDR dengan panel Mini LED juga mampu meningkatkan efek HDR sehingga menjadikan warna layar menjadi lebih akurat. Pesona layar yang imersif ini memang terkadang membuat Anda betah berlama-lama bermain di depan laptop.

Tapi Anda tidak perlu khawatir untuk kenyamanan mata karena ROG Strix Scar 16 dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini mampu mengurangi efek radiasi sinar biru untuk menjaga kesehatan mata pengguna saat penggunaan jangka panjang.

Fitur Gaming Lengkap

ROG Strix Scar 16 dilengkapi dengan berbagai port yang membuatnya bisa disambungkan dengan berbagai perangkat. Untuk menambah keseruan selama bermain, Anda dapat menyambungkan port HDMI 2.1 pada ROG Strix Scar 16 dengan layar tambahan.

Sementara itu, dari segi audio laptop ini dilengkapi dengan 2.5 Gbps LAN. Ada juga 3.5 mm combo audio jack. Konektivitas lainnya didukung oleh WiFi 6E yang memungkinkan Anda untuk bisa bermain dengan lebih banyak pemain tetapi koneksi tetap stabil.

Fitur gaming lainnya yang membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk bermain dengan laptop ini adalah adanya sistem pendingin. Menggunakan ROG Intelligent Cooling dengan kipas yang memakai konfigurasi Tri-Fan mampu mempertahankan suhu laptop selama beroperasi.

Baterai Tahan Lama

Ketahanan daya baterai pada ROG Strix Scar 16 memang tidak perlu diragukan lagi karena laptop ini mengandalkan baterai berkapasitas 4 cell 4S1P Li-ion 90WHrs. ROG Strix Scar 16 bahkan lolos uji PCMark 10 Battery Test pada mode Video Loop yang menunjukkan bahwa laptop ini mampu bertahan hingga 6 jam 48 menit.

Terkait dengan daya tahan baterai ini, ROG Strix Scar 16 diimbangi dengan fitur fast charging yang sangat penting bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk mengisi daya rendah, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga baterai menunjukkan 50%. 

Harga Bersaing

ROG Strix Scar 16 memang ditujukan bagi para penggemar game tetapi laptop ini juga sangat mumpuni untuk berbagai tugas berat lainnya seperti mengedit video. Dengan kemampuannya yang bisa diandalkan ini, ROG Strix Scar 16 dibanderol dengan harga sekitar Rp70 juta.

Anda bisa membelinya melalui store ASUS terdekat atau dengan mengunjungi beberapa marketplace terpercaya. Kini Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin memilih laptop gaming yang memiliki performa unggulan karena Anda bisa mengandalkan ROG Strix Scar 16.

Comments

back to top