Badan Wakaf Al-Quran, Solusi Berwakaf Di Era Milenials

Badan Wakaf Al-Quran
Solusi Berwakaf di Era Milenials

"Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah."

Selain zakat dan sedekah, ternyata sebagai umat muslim kita juga dianjurkan untuk berwakaf. Hukumnya memang sunnah, rapi misinya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus-menerus. 

Sebelumnya saya nggak kebayang deh soal mau berwakaf. Dalam pemikiran saya tuh kalau wakaf itu cuma bisa dilakukan oleh orang-orang yang tanahnya berhektar-hektar, jadi bisa dengan mudah berwakaf misalnya wakaf tanah untuk dibangun masjid atau sekolah. 


Tapi ternyata sama seperti kalau mau sedekah, nggak usah nunggu jadi tuan tanah dulu dong baru bisa dan mau berwakaf. Baca-baca info di situs Badan Wakaf Al-Quran (BWA) ternyata bentuk wakaf itu beragam lho, nggak hanya tanah aja. Nggak percaya? Coba yuk baca dulu tentang 8 program unggulan BWA:

1. Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan


Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an.

2. Water Action for People


Adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.


3. Tebar Cahaya Indonesia Terang


Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf dari kita bisa cerahkan masa depan mereka. 

Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.

4. Wakaf Khusus


Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil. 

5. Zakat Peer To Peer


100% zakat kita diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional BWA. Lebih Manfaat dan sesuai Syariah.

6. Indonesia Belajar


Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah.


7. Wakaf Produktif


Dalam program ini, BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan. Kemudian, BWA dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas.

Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya

8. Sedekah Kemanusiaan


Sedekah Kemanusiaan Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. 

Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal. Sedekah Kesehatan, adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat.


Masyaa Allah keren-keren banget program dari BWA. Tuh kan ternyata wakaf itu macam-macam ya, mulai dari Al-Quran, pembangunan sarana air bersih, listrik, sampai wakaf produktif membeli aset yang bernilai.

BWA sendiri adalah organisasi nirlaba dan berbentuk Badan Hukum Perkumpulan. Visinya adalah menjadi lembaga filantrofi wakaf profesional yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemaslahatan kaum muslimin dan masyarakat, serta menjadikan wakaf sebagai gaya hidup muslim.

Nah, reminder lagi nih... Wakaf sebagai gaya hidup muslim. Kalau zakat, sedekah, ditambah lagi wakaf jadi gaya hidup - dan memang harusnya sudah jadi gaya hidup muslim termasuk di Indonesia, kebayang nggak sih bakal banyak banget yang terbantu. 

Apalagi open donasi wakaf di BWA itu kisaran wakafnya ada yang dimulai dari Rp 100.000 lho. Waah ternyata betul kan ya, untuk membantu lewat wakaf itu kita nggak perlu nunggu jadi tuan tanah dulu. Rp 100.000 kalau dikalikan berjuta muslim di Indonesia hasilnya akan banyak juga yang bisa diwakafkan.

Kembali ke BWA, misinya adalah untuk menyalurkan Al-Quran ke daerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, mengajarkan Al-Quran dengan metode membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf.

Wakaf Al-Quran dan mengajarkannya? Hmm... Iya ya, di kota seperti Bandar Lampung, Al-Quran dan terjemahannya bisa dibeli dengan mudah. Di daerah lain yang terpencil bisa jadi ada umat muslim yang Al-Qurannya sudah kurang jelas cetakannya, atau bahkan ada yang belum bisa membaca Al-Quran. 

Proyek yang dibuat BWA adalah untuk memberikan bantuan pada komunitas atau individu yang membutuhkan. Misalnya nih, selain wakaf Al-Quran untuk daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, ada juga desa-desa yang butuh air bersih. 

Lalu bagaimana kalau kita ingin berwakaf? Wakif atau calon wakif bisa mengunjungi situs BWA di www.wakafquran.org dan mencari informasi tentang proyek yang sedang dibuka atau open donasi. Kita juga bisa lho melihat kondisi dan profil proyek wakaf secara detil  di situs BWA. Jadi insyaa Allah nggak perlu ada kekhawatiran untuk menyalurkan wakaf lewat Badan Wakaf Al-Quran.
2 comments on "Badan Wakaf Al-Quran, Solusi Berwakaf Di Era Milenials"
  1. enak ya mb sekarang sudah ada badan yang menanganinya jadi ngga akan ragu lagi tentang ketersampaian dan manfaat realnya.

    ReplyDelete
  2. Badan wakaf al quran ada cabang di solo gk kak ?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9