Thursday, November 23, 2017

Tips Membeli Oleh-oleh Saat Traveling

Gambar: www.pixabay.com

Meskipun bukan sebuah kewajiban, membeli oleh-oleh khas suatu daerah saat traveling adalah hal yang baik untuk dilakukan. Dengan membawa oleh-oleh untuk orang-orang di rumah atau teman-teman di luar rumah, kamu telah berhasil membagikan pengalaman menarik selama traveling dengan cara yang menyenangkan bagi si penerima. Tanpa membawa oleh-oleh, momen liburan pun akan terasa kurang lengkap.

Tapi, jangan sembarang dalam membeli oleh-oleh karena hal itu kurang baik dilakukan dan terkadang bisa berdampak buruk bagi kita atau orang-orang yang menerima oleh-oleh tersebut. Maka dari itu, sambil membaca cara reservasi hotel menarik di dekat tempat wisata yang dituju, baca juga tips membeli oleh-oleh berikut ini:

Jangan Berlebih

Saat membeli oleh-oleh, sebaiknya pilihlah item tertentu yang sesuai dengan kebutuhan. Jika berlebihan, sisanya akan terbuang percuma. Kitaamu juga tidak perlu membelikan oleh-oleh untuk semua orang yang kita kenal di tempat asal. Niat seperti ini memang baik, namun biaya yang dibutuhkan akan sangat besar. Selain itu. Membawa oleh-oleh dalam jumlah yang terlalu banyak jelas sangat merepotkan. Maka dari itu, sebelum mulai traveling, catatlah item-item tertentu yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan agar tidak ada item yang terbuang percuma. Kita juga bisa mencatat daftar orang-orang terdekat yang ingin kita beri. Kalau perlu, kita juga boleh bertanya langsung kepada mereka item apa saja yang ingin kamu belikan.

Pisahkan Biaya Oleh-Oleh dengan Biaya Lainnya

Sejak awal, sebaiknya jangan campurkan anggaran untuk membeli oleh-oleh dengan anggaran lainnya. Apalagi kalau sampai mencampurkannya dengan anggaran yang disiapkan untuk biaya perjalanan. Jika tidak, bukan tidak mungkin uang yang seharusnya digunakan untuk membayar tiket pesawat atau kebutuhan traveling lainnya yang bersifat penting jadi terpakai untuk membeli oleh-oleh. Hal yang perlu kita ingat adalah oleh-oleh bukan kebutuhan wajib yang harus kita beli selama traveling. Jadi jangan sampai mengorbankan kebutuhan wajib selama traveling demi membeli oleh-oleh.

Gambar: www.pixabay.com

Jangan Hanya Membeli Oleh-Oleh di Mall atau Bandara

Membeli oleh-oleh di Mall atau bandara memang sangat memudahkan. Di sana, semua barang yang bisa kita beli sudah terpampang dengan rapi. Kualitasnya pun lebih dapat dipertanggungjawabkan. Namun harga item yang dijual di sana tergolong lebih mahal. Agar lebih berhemat, kita bisa membeli oleh-oleh di pasar tradisional. Contohnya adalah pasar Klewer di Solo atau pasar Sukowati di Bali. Di pasar seperti ini, kualitas barang yang ditawarkan tidak kalah baik dengan item-item yang dijual di mall atau bandara, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Menariknya, kita juga bisa menawar harga barang tersebut jika terasa terlalu mahal.

Hindari Membeli Barang yang Sulit Masuk ke Dalam Pesawat

Jika kita traveling menggunakan pesawat, pelajari terlebih dahulu barang-barang apa saja yang sulit atau tidak boleh di bawa ke dalam pesawat, serta berapa kapasitas maksimal yang bisa kamu bawa. Di beberapa tempat, banyak traveller yang akhirmya gagal membawa oleh-oleh yang sudah mereka beli ke rumah karena terkendala aturan di bandara. Bahkan, ada beberapa item yang harus dibuang oleh petugas di bandara karena tidak sesuai aturan. Maka dari itu, kita wajib tahu barang apa saja yang sesuai dengan aturan penerbangan agar tidak terbuang percuma.

Gambar: www.pixabay.com

Perhatikan Kualitas

Oleh-oleh bukanlah sebuah formalitas, melainkan sebuah niat baik. Maka dari itu, luruskanlah niat baik ini dengan membeli barang dengan kualitas yang baik pula. Untuk produk makanan dan minuman, kualitasnya bisa dilihat dari tanggal kadaluarsa dan cara pengemasan. Sedangkan untuk barang-barang lainnya, kualitas bisa ditentukan dari bahan yang digunakan hingga cara pembuatannya. Dengan membawa oleh-oleh yang berkualitas, orang-orang di rumah akan jauh lebih senang meskipun sebenarnya mereka juga cukup puas dibelikan oleh-oleh apapun.

Pulang Dengan Selamat

Hal terbaik yang bisa kita berikan kepada orang-orang di rumah setelah traveling adalah diri kita sendiri. Tanpa membawa oleh-oleh apapun, mereka akan tetap merasa senang jika kita bisa pulang ke rumah dalam keadaan selamat dan sehat. Maka dari itu, hindari hal-hal yang bisa membahayakan diri selama traveling. Jika ingin melakukan kegiatan yang tergolong ekstrim, pastikan bahwa kita memang mahir melakukannya dan ada jaminan keselamatan dari pihak pengelola tempat wisata ekstrim tersebut.

Setelah membaca tips membeli oleh-oleh di atas, kita tinggal membuat rencana traveling dari sekarang karena tips di atas tidak akan berguna kalau kita tidak pergi traveling. Lalu jangan lupa, booking kamar hotel online agar kita bisa mendapatkan penawaran harga yang menarik. Kita dapat menemukan cara reservasi hotel yang mudah di reservasi.com.

Selain menemukan cara reservasi hotel, kita pun dapat langsung booking kamar hotel online di reservasi.com dengan penawaran harga terbaik.


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29