Thursday, August 24, 2017

Catatan MPASI 6 Bulan


Makanan padat yang pertama dicicip Razqa adalah alpukat and he loved it!!! Tapi nggak demikian untuk makanan menu tunggal lainnya hihi.

Beberapa yang dicicip Razqa selain alpukat adalah apel, pisang, labu dan ia nggak terlalu excited. Mama sampai sempat was-was kok nih anak nggak sehap-hap kakaknya dulu. 

🍎Menu 4 Bintang 

Akhirnya menu tunggal hanya sekitar seminggu lalu dibuatkan menu 4 bintang. Hari ke 10 makannya mulai lahap. Ya bisa jadi karena memang masih penyesuaian dengan solid food.

Menu MPASI 6 bulan yang pernah dimakan Razqa ada resepnya di IG @dearrayyaanrazqa, cari aja #mpasiRazqa ya dan di blog ini juga beberapa resep sudah saya post. Cek postingan dengan label MPASI.

🍎Protein Hewani & Lemak Tambahan

Protein hewannya baru daging ayam, daging sapi, dan hati ayam. Untuk tambahan lemaknya saya pilih EVOO/extra virgin olive oil. 

Sempat nyobain unsalted butter tapi saat itu tampaknya belum cocok di pencernaan Razqa. Sekarang si alhamdulillah no problem tapi masih lebih sering pakai EVOO. 

🍎Bahan Makanan 

Bahan makanannya biasanya saya beli di teteh sayur yang datang ke rumah, abang sayur di perumahan sebelah, atau ke supermarket di depan rumah.

Bahan-bahannya juga mostly apa yang dimasak untuk keluarga hari itu misalnya wortel, sawi, bayam, kangkung, terong ungu, buncis, tomat, tauge. Ya sayuran dari petani lokal lah. 

Prinsip saya pakai juga bahan yang ada di sekitar kita. Harapannya juga biar ibu-ibu yang sama-sama punya anak bayi nggak merasa membuat MPASI rumahan itu ribet dan mahal. 

🍎Reaksi Razqa 

Oh ya, so far sih dengan menu MPASI 6 bulan except for yang dikasi unsalted butter, reaksi pencernaan Razqa baik-baik aja. Nggak pupnya juga hanya 1-2 hari dan ya sekali itu aja.

Hampir semua menu suka kecuali yang pakai ubi ungu, nggak terlalu excited he he.

🍎Bumbu

Oh iya di penghujung 6 bulannya Razqa makan menu yang dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, jahe, kunyit. 

Dengan bumbu-bumbu (nggak harus semua bumbu dipakai selalu) itu apalagi dimasak pakai slow cooker, aroma dan rasa MPASI jadi okeeee. No gulgar needed.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29