Friday, June 16, 2017

Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

Siapa yang di bulan Ramadhan ini lebih suka belanja online dibanding ke pusat perbelanjaan? Saya salah satu di antaranya. Alasannya karena belanja online lebih hemat waktu dan tenaga dibanding harus keliling pusat berbelanjaan.


Sudah terbayang deh macetnya seperti apa terutama di akhir pekan. Belum lagi suasana di tempat belanja pasti ramai dan di kasir harus antre lama. Apalagi kalau anak-anak tidak bisa ditinggal, duh kasihan.

Kalau belanja online memang ada ongkos kirim yang harus ditanggung. Tapi bagi saya lebih baik membayar ongkos kirim daripada harus keliling-keliling cari baju untuk anak dan belum tentu dapat yang sesuai selera dan sesuai kantong he he. Not to mention kalau belanja bareng anak tuh suka ada 'pajaknya' iya khan? Ha ha.

Memang kalau belanja online kita tidak bisa langsung melihat dan menyentuh barangnya. Tinggal pintar-pintarnya kita deh dalam berbelanja supaya bisa dapat barang yang sesuai keinginan dan sesuai budget. Berdasarkan pengalaman, saya ingin berbagi beberapa tips belanja online di bulan Ramadhan.



1. Beli dari penjual terpercaya, manfaatkan market place.

Tentu nggak ada yang mau diPHPin penjual. Sudah transfer eh pesanan nggak dikirim. Itu sih penipuan ya. Kalau saya nggak bisa menemukan barang yang saya cari di lapak teman sendiri, saya selalu memanfaatkan market place. 

Enaknya lagi di market place kita 'jalan-jalan' dari toko satu ke toko lain, lihat-lihat produknya, tanya-tanya, tanpa khawatir dibilang PHP. Kalau ke toko baju di pasar sudah tanya-tanya nggak jadi beli itu suka nggak kepenak hi hi hi. 

Selain itu berbelanja lewat market place insyaa Allah lebih aman karena pembayaran tidak langsung kita lakukan ke penjual. Penjual juga diberikan batas waktu untuk menerima dan mengirim pesanan. Kalau pesanan tidak diproses atau dikirim, uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke pembeli. 

2. Baca deskripsi produk sebelum membeli

Penjual biasanya menuliskan deskripsi produk seperti bahan, ukuran, berat, harga, dan lain sebagainya. Sebagai pembeli kita juga harus rajin membaca penjelasan tentang produk. Kalau ada yang masih kurang jelas baru ditanyakan ke penjual. 

3. Saat membeli baju, bandingkan ukuran yang tertera dengan yang biasa kita pakai

Beda merk baju, ukuran tiap sizenya bisa berbeda lho. Misalnya nih kalau untuk merk A ukuran yang pas untuk kita adalah size S, untuk merk B ternyata yang pas adalah size M. Atau saat ingin membeli baju anak, umur saja tidak cukup jadi patokan. 

Sesuaikan lingkar dada, lingkar pinggang, panjang celana, panjang gamis, dan sebagainya dengan ukuran yang biasa kita atau keluarga kita pakai. Cara yang paling pas ya dengan mengukur baju yang biasa kita pakai dengan penggaris atau meteran baju lalu membandingkan ukurannya dengan baju yang ingin kita beli.

Repot? Nggak kok. Daripada salah beli ukuran baju, iya kan?

4. Jangan mudah tergiur harga murah nyungsep

Murah memang belum tentu murahan. Tapi kalau punya produk incaran lalu cek toko sebelah ada yang harganya murah nyungsep, jangan buru-buru dipesan. Cek dulu testimoni dari pembeli sebelumnya. 

Karena saya pernah mengalami nih, coba-coba beli jilbab yang murah meriah dan hanya separuh harga toko sebelah, ternyata jahitannya tidak rapi dan tidak bisa dipakai. Jauh berbeda deh antara foto dan produk aslinya. Sayang kan? 

Ternyata nih untuk produk seperti baju dan jilbab juga banyak yang harganya jauh lebih murah tapi cuma mirip saja dan kualitasnya nggak oke. So ketimbang murah tapi meragukan dan malah tidak bisa dipakai, lebih baik pilih yang lebih mahal tapi kualitas lebih baik.

5. Pertimbangkan waktu pengiriman

Makin mendekati Hari Raya biasanya ekspedisi akan mengalami lonjakan pengiriman paket yang harus diantar. Harap maklum ya kalau pengiriman produk butuh waktu lebih lama. Sebaiknya memang jika ingin belanja online, lakukan sebelum H-7. Jika masih ada yang ingin dipesan, pilih jenis pengiriman yang waktunya lebih singkat meski biayanya lebih mahal.

6. Pilih penjual terpercaya dari kota yang sama atau daerah terdekat

Selain memilih jenis pengiriman yang waktunya lebih singkat kita jika bisa melakukan pembelian dari penjual terpercaya yang berada di kota yang sama atau daerah yang terdekat dengan kita. Harapannya tentu saja supaya waktu pengiriman jadi lebih singkat karena jarak lebih dekat dan pesanan bisa diterima sebelum Hari Raya.

Itu dia tips belanja online di bulan Ramadhan versi saya. Ada yang mau menambahkan nggak? Semoga 


1 comment:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29