Thursday, March 2, 2017

Kreasi Kerajinan Tapis Lampung di Event Tapis Evolution

Kreasi Kerajinan Tapis Lampung di Event Tapis Evolution

Jika berkunjung ke Lampung dan ingin mencari oleh-oleh kerajinan khas Lampung, coba deh mampir ke toko-toko yang menjual kerajinan tapis. 

Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif seperti motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak.

Ada berbagai jenis kain tapis. Motif sulamannyapun bermacam-macam. Kini sulam tapis tidak hanya diaplikasikan pada kain saja tapi juga pada produk lain seperti tas, dompet, peci, gamis, sampai kaus.

Seperti apa ya contohnya? Di ajang Tapis Evolution yang digelar pada Sabtu-Minggu 25 & 26 Februari 2017 lalu terdapat 30 booth dari kabupaten serta pengrajin tapis di Lampung. Masing-masing memamerkan hasil kerajinan tapis yang elegan dan memukau. Kerajinan tapis ini juga dijual lho. Contohnya tas yang dihiasi aplikasi sulam tapis ini dijual seharga 300.000 sampai 500.000 rupiah.

Baca: Menunggu Pesanan Sambil Membaca Buku di Saung Santai.




Harganya memang lumayan ya, tapi sepadan dengan proses pembuatan sulam tapisnya. Semua dikerjakan dengan tangan alias handmade. Perlu keterampilan dan waktu untuk menghasilkan sulam tapis yang cantik dan rapi. Kok tau? Soalnya waktu SMP dulu saya pernah mendapatkan pelajaran muatan lokal sulam tapis. Pernah merasakan bolak-balik membongkar sulamannya he he. Tapi ada juga produk kreasi sulam tapi yang lebih terjangkau harganya, misalnya saja yang berupa bros atau gantungan kunci.

Baca: Tradisi Topeng Sekura di Festival Krakatau 2016.







Di tapis evolution ini tak hanya ada pameran saja tapi juga ada lomba tari. Pesertanya tentu menggunakan kostum yang ada sulam tapisnya dong. Cantik-cantik ya bajunya. Tariannyapun menarik. Senang bisa mengajak Rayyaan ke acara ini, ia jadi bisa lebih mengenal dan melihat dari dekat berbagai jenis kain tapis Lampung serta berbagai produk kreasinya.


3 comments:

  1. Wah.., keren mbak kerajinan tapisnya, salah satu contoh budaya lokal yang mampu bersaing di ranah nasional. Udah dipamerkan di galeri Smesco belum mbak? Terima kasih infonya mbak ya! Salam kenal aku yelli dari Aceh, jalan2 ke rumahku juga ya mbak! http://www.yellsaints.com/2016/08/motif-pelaminan-kasab-di-kamar-pengantin.html

    ReplyDelete
  2. Cantik2 banget mbak kain2nya. Harga pasti menyesuaikan mutu ya. Kalau ke Lampung boleh deh nyomot 1 ��

    ReplyDelete
  3. aku kangen lampung.. hiks2.. aku ada mba tas nya, tapi bukan yang kain tapis.. melainkan yang sulam usus..
    mampir ke blog aku juga ya mba..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29