Saturday, January 7, 2017

Cara Menghilangkan Ruam Popok Pada Bayi

Cara Menghilangkan Ruam Popok Pada Bayi
Credit Pic: Pixabay

Sebelum punya anak sendiri bisa dibilang saya nyaris nggak pernah mengurus bayi. Makanya saat pertama kali punya anak dulu banyak sekali yang harus dipelajari. Bukan berarti sekarang setelah anak kedua jadi berhenti belajar ya, tapi minimal dalam urusan standar merawat bayi jadi nggak sekaget dulu he he.


Salah satu hal yang sempat membuat saya pusing dulu adalah ruam popok. Dulu saya sempat salah memilih popok untuk Rayyaan. Namanya newborn baby alias bayi baru lahir sih seharusnya nggak dipakaikan popok sekali pakai yang versi ekonomis ya he he. Ya begitulah, dulu untuk urusan memilik popok saya juga sempat kagok. Untungnya popok yang saya beli isinya nggak banyak. 

Akhirnya ruam popoknya Rayyaan diolesi VCO tipis-tipis oleh Eyang. Eh ternyata alhamdulillah hasilnya oke. Ruam popoknya Rayyaan jadi sembuh. Untungnya masalah ruam popok ini so far nggak dialami oleh Razqa tapi tetap sih di rumah sedia VCO khusus untuk dioleskan tipis-tipis ke kulitnya anak-anak kalau diperlukan seperti misalnya kalau Rayyaan digigit nyamuk atau semut. Beberapa hari setelah lahir di pipi Razqa juga muncul beruntusan kecil-kecil seperti jerawat. Saya oles juga deh VCOnya, teteskan sedikiiiiit saja ke kapas dan oleskan tipis-tipis ke pipinya. Alhamdulillah dalam waktu 2-3 hari sudah mulus lagi deh pipinya.

Credit pic: Pixabay

Semoga tipsnya bisa bermanfaat ya untuk yang sedang dipusingkan dengan masalah ruam popok. But still, kalau dalam 2-3 hari ruam popoknya belum membaik lebih baik konsultasikan ke dokter. Dan yang tidak kalah penting, saat ingin mengganti popok bayi terutama setelah ia pup, sebaiknya bagian pantat, paha, dan sekitarnya jangan hanya dibersihkan dengan tisu basah melainkan juga dibasuh dengan air bersih. Setelah itu keringkan dengan handuk kering dan kipas-kipas sebentar, baru dipakaikan popok kembali. 

8 comments:

  1. Saya patut bersyukur karena anak saya cocok dengan popok yang dibelikan ayahnya. Tapi pakenya kalo malam dan bepergian saja sih Mak. Gak tiap hari.

    ReplyDelete
  2. VCO itu Virgin Coconut Oil kan mba?

    ReplyDelete
  3. Eyang memang selalu tahu kalo urusan kayak gitu ya Mbak. Dulu aku juga kalo ruam2 gitu Mbah putrinya yg olesin VCO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si adek juga bruntusan di pipinya dan di lipatan leher (krn bekas gumoh ASI nggak lgs dilap pakai waslap basah + dikeringkan), hilangnya pakai VCO Mbak.

      Delete
  4. Terimakasih infonya mak, kebetulan ponakan saya lagi kena ruam popok nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ruam popoknya si adek cepet sembuh yaa

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29