Saturday, October 22, 2016

4 Langkah Basmi Rayap di Rumah

4 Langkah Basmi Rayap di Rumah
Credit pic: Freepik.com

Rayap merupakan binatang rumahan yang kerap kali tidak terlihat kehadirannya tapi sangat mengganggu dan merusak. Biasanya, perabotan dan bagian rumah lain yang terbuat dari bahan dasar kayu yang menjadi sasarannya. Binatang ini akan menggerogoti lemari, kusen, pintu, hingga rak yang kita miliki. Hal ini tentunya sangat merugikan karena nantinya, seluruh barang tersebut akan menjadi lapuk dan mudah rusak karena terus digerogoti oleh rayap.

Rayap biasanya akan hadir di rumah-rumah tua yang barang-barang serta bagian rumahnya sudah tidak lagi memiliki pelindung rayap atau pelindung rayapnya sudah mulai tidak efektif bekerja. Ada banyak contohnya rumah dijual di Surabaya yang memiliki problem ini. Bahkan tidak hanya di Surabaya, di kota lain pun serupa. Berikut adalah langkah membasmi rayap di rumah dengan cepat dan mudah.

Gunakan perangkap kardus untuk menangkap rayap
Credit pic: Freepik.com

Perangkap Kardus

Rayap senang untuk memakan selulosa. Selulosa sendiri banyak terdapat pada elemen kayu dan juga kertas. Selulosa juga terdapat di kardus. Cobalah untuk mengambil kardus bekas, kemudian basahi kardus tersebut hingga lembab. Letakkan kardus tersebut di dekat tempat yang biasanya rayap berkumpul. Setelah beberapa saat, rayap akan mulai berpindah ke kardus. Saat itu terjadi, kita bisa mengangkat kardus dan memindahkannya untuk dibakar. Dengan begitu, rayap akan hilang.

Jemur

Untuk rak dan juga lemari yang masih dapat dipindahkan, kita dapat mengusir rayap dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Rayap sendiri memang tidak menyukai sinar matahari karena mereka menyukai untuk tinggal di tempat yang lembab.

Di ruangan yang banyak rayapnya, nyalakan AC dengan suhu terendah
Credit pic: Freepik.com

Dinginkan

Selain tidak tahan panas sinar matahari, rayap ternyata juga tidak menyukai suhu dingin. Kita bisa mendinginkan ruangan tempat di mana rayap kerap datang. Cobalah untuk memasang AC pada suhu terendah di ruangan yang disinyalir banyak rayapnya.

Nematoda

Cacing nematoda adalah cacing yang mengonsumsi rayap sebagai makanannya. Bahkan, tidak hanya rayap yang besar, ia juga memakan rayap yang dewasa dan juga telur dan juga larva rayap. Sehingga menjadikan cacing ini sangat efektif untuk menghilangkan rayap. Biasanya, nematoda dijual di tempat pakan ternak. 

6 comments:

  1. Nyebelin emang kalau udah ada rayap d rumah

    ReplyDelete
  2. Atuhlah, paling ngebetein itu waktu buku-buku kesayangan di makan rayap. Padahal udah disimpen rapi di lemari gitu. Waktu dibuka udah abis bukunya hahaha

    ReplyDelete
  3. Waaah pas banget mak lagi cari tau cara basmi rayap. Soalnya kemarin baru ngeh ternyata di kabinet kitchen set mulai ada rayap 😔

    Makasih infonyaa... akan dicoba kecuali cara yana pake cacing. Hehe

    ReplyDelete
  4. ihh..yg terakhir jadi seram ya... masa kita melihara cacing sih..

    ReplyDelete
  5. ngusir rayap pake cacing ini gimana ya metodenya mba? semisal kita udah beli cacing, terus digimanain? penasaran.. :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29