Sunday, January 31, 2016

Bandung Trip 13 - Floating Market Lembang


Bandung Trip Part 13! Jalan-jalan ke ke Lembang nggak lengkap dong kalau nggak mampir ke pasar terapung alias Floating Market Lembang. Meski di akhir tahun lalu jalan-jalan utama di Lembang macet parah, Alhamdulillah ternyata hotel yang kami tempati terletak di jalan yang sama dengan tempat ini. 



Rencana awalnya setelah mampir ke Jendela Alam kami ingin langsung menuju Floating Market Lembang. Tapi karena macetnya yang luar biasa he he jadi kami memutuskan untuk check in dulu di hotel. Rebahan dulu sebentar, mandi dulu, sholat dulu baru deh jalan lagi. Setelah melihat lokasi Floating Market di peta dan tanya-tanya ke petugas hotel, kami memutuskan untuk berjalan kaki saja ke Floating Market yang letaknya tidak jauh dari hotel. 

Saat tiba di sana tentu saja kami harus membeli tiket dulu seharga Rp 20.000/orang. Tiket ini bisa ditukar dengan welcome drink juga. Tapi karena orang yang ingin mengambil minuman ramai sekali jadi kami memilih untuk berkeliling dulu. 



Suasana saat itu jangan ditanya deh he he, seirama dengan kemacetan di Lembang, di Floating Market juga pengunjungnya membludak. Enaknya sih jalan-jalan kalau suasananya lengang ya jadi bebas menikmati asrinya tempat ini, biar bisa lebih bebas berfoto juga hi hi. Tapi ya namanya juga musim liburan. Kalau musim liburan malah sepi ya aneh he he.

Konsep tempat ini kurang lebih adalah tempat makan di tepi situ (danau) yaitu Situ Umar. Kios-kiosnya berupa perahu-perahu kecil yang ditambatkan di sisi danaunya. Sama seperti di Paskal Food Market, banyak deh menu yang bisa dipilih di sini. 



Tapi kita nggak bisa langsung membeli dan membayar dengan uang biasa lho, sebelumnya kita harus membeli koin dulu yang akan dipergunakan untuk jual beli di tempat ini. Ada beberapa tempat penukaran koin yang tersebar di Floating Market ini jadi nggak perlu khawatir pas mau nambah makan eh kehabisan koin he he. 

Karena ramai jadi agak susah mencari tempat duduk yang masih kosong. Saat menemukan tempat kosong ya sudahlah, beli makanan di perahu terdekat saja. Waktu itu kami membeli gado-gado dan sate jamur. Per porsinya Rp 20.000, dibayar dengan koin yang tadi kami beli. Rasanya gado-gado dan sate jamurnya Alhamdulillah enak cuma sayang, isi per porsinya kurang banyak terutama sate jamurnya hi hi. Soalnya sate jamurnya cuma 5 tusuk. 




Baca juga:  Jendela Alam, Lembang & Memberi Makan Hewan.



Tapi di tempat ini kita nggak hanya bisa makan-makan atau menikmati pemandangan saja. Banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan. Kita bisa naik kano, perahu, dan sepeda air. Ada juga wahana untuk anak-anak. Di sini juga ada rumah kelinci, kereta api mini, juga becak mini. Pokoknya permainan anak-anak deh. Menghias tanah liat juga ada. Selain itu di Floating Market juga ada semacam galeri yang menjual lukisan. Yang mau lihat-lihat baju juga bisa mampir ke Clothing Market.

Karena sebelumnya di Jendela Alam Rayyaan sudah melakukan banyak kegiatan serupa, jadi nggak ditawari untuk main di sini deh hi hi. Tapi bukan berarti Rayyaan nggak having fun di sini. Selain jalan-jalan Rayyaan senang banget bisa memberi makan ikan di danau (ikannya banyak banget). Rayyaan juga sempat melihat miniatur kereta api. Iya kereta api ukuran kecil-kecil tapi bisa berjalan, lengkap juga dengan miniatur stasiun kereta api dan lain-lain.





Karena hari sudah menjelang maghrib kami putuskan untuk sekalian saja sholat di sini. Ada musholla terapung juga di Floating Market tapi kami nggak sholat di tempat itu, soalnya rame he he. Tapi ada musholla lain juga di dekat musholla terapung itu. Selepas maghrib baru deh kami pulang. Sebelumnya tukar tiket masuknya dengan minuman dulu yuk, kan haus setelah berkeliling Floating Market. Semoga kapan-kapan bisa mampir ke sini lagi, insyaa Allah.




Floating Market Lembang

Jalan Grand Hotel No. 33 E, Bandung Barat, Jawa Barat, 40391.


2 comments:

  1. Asyiikk, jalan-jalan ke Bandung ya? Belom pernah ke sini euy. Mudah-mudahan bulan depan nanti bisa (udah ada rencana). :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29