Sunday, May 31, 2015

Minggu Pagi di Pusat Kota Bandar Lampung

Minggu Pagi di Pusat Kota Bandar Lampung.

Hari Minggu pagi biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk berolahraga. Sebagian lainnya ngapain ya? Mungkin memilih leyeh-leyeh di rumah, atau cari sarapan seperti saya hi hi. Seperti 3 minggu lalu misalnya, saya janjian dengan seorang teman untuk bertemu di pusat kota Bandar Lampung. Di mana tuh? Tak lain dan tak bukan yakni Tugu Adipura alias Bundaran Gajah. 



Setiap hari Minggu pagi kawasan ini ramai pengunjung. Terutama karena di sekitar Tugu Adipura merupakan spot car free day-nya kota Bandar Lampung. Ada Dispora yang mengajak warga Bandar Lampung untuk senam pagi plus biasanya ada sponsor-sponsor juga yang bagi-bagi hadiah. Dan tak ketinggalan so pasti banyak pedagang berjualan. Mulai dari pedagang makanan, minuman, balon, sampai bros he he.


Kegiatan warga Bandar Lampung di Tugu Adipura bukan hanya senam saja. Ada juga komunitas yang melakukan kegiatan di sini, misalnya komunitas sepeda. Tak jauh dari tugu ini ada Gelanggang Olahraga Saburai plus Lapangan Korem. Nah lapangan beraspal ini yang juga ramai pengunjung. Yang jualan ramai, yang olahraga ramai. Biasanya ada anak-anak berlatih in line skate di sini.

Baca: Ngebolang Ke Stasiun Kereta Api Tanjung Karang.

Setiap Minggu biasanya ada saja yang menyewa lapangan ini untuk acara tertentu. Tiga minggu lalu misalnya, lapangan ini jadi tempat mulainya acara jalan sehat suatu perusahaan pembiayaan. Sebelum gerak jalan dimulai ada acara senam bersama. Jalan sehatnya dikawal oleh kelompok drum band. Dan yang namanya acara dari perusahaan pembiayaan, dealer motor dan mobil so pasti ikut ambil bagian he he. Rayyaan sih senang-senang saja melihat orang ramai plus ada drum bandnya.



Setelah tengok-tengok Tugu Adipura, orang ikut senam dan jalan sehat plus pertunjukan drum band, mari kembali ke tujuan awal yaitu cari sarapan. Di mana? Ya di pinggir Lapangan Enggal lah he he. Kalau hari biasa saja yang beli sarapan ramai, di hari Minggu yang beli jauuuh lebih ramai. Banyak yang kelaparan sehabis berolahraga he he. 


By the way. Salah satu tujuan diadakannya car free day kan untuk mengurasi emisi gas kendaraan bermotor ya dan olahraga pagi untuk menjaga kesehatan. Tapi jangan lupakan juga soal sampah yang ditinggalkan setelah car free day ini baik di sekitar Tugu Adipura, Lapangan Enggal, GOR Saburai dan Lapangan Korem. Saya pernah lewat Lapangan Korem di hari Senin. Cukup banyak lho sampah berserakan di lapangan ini. Bukan sampah berupa daun dari pohon lho.

Baca: Main Air di Pantai Mutun-Pulau Tembikil, Lampung.


Ya meski ada petugas kebersihan yang menyapu, tapi lebih baik kita langsung buang sampah pada tempatnya kan? Saat melihat sebuah mobil sedan mewah parkir di tepi lapangan dan orang di dalam mobilnya dengan enteng membuang bungkus nasi uduk plus bekas air mineral ke trotoar, di situ saya merasa sedih (plus kesel he he). In syaa Allah hanya sebagian kecil ya warga yang begini. But still, sesama warga Bandar Lampung, yuuuuuk jaga kebersihan kota ini, bukan semata mau mengharap piala Adipura lagi, tapi juga demi kesehatan kita sendiri.



15 comments:

  1. Hari Minggu enak buat jalan-jalan nyantai bersama keluarga ya. Di alun2 tempatku kalo hari Minggu banyak yang jualan makanan, banyak yg jalan-jalan karena car free day juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau alun-alun biasanya banyak pohon ya Mak? di Lampung ada kota yang punya alun-alun, namanya Kota Metro. Ada yang bilang ini kota 'rasa Jawa', salah satunya karena ada alun-alunnya.

      Delete
  2. dimana ada keramaian , di sana biasanya banyak sampah ya mak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya buang sampah pada tempatnya aja kok susah he he

      Delete
  3. Suka sedih dan kesel juga kalau lihat orang yang buang sampah sembarangan, apa susahnya sih dimasukin tempat sampah? Mengurangi keindahan tempat aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak :( Kalau ngangkot juga sering lihat orang habis makan/minum, bungkusnya dibuang di angkot atau lempar ke jalan. Gregetan. Saya milih buat nyimpen bungkusnya di plastik kresek baru dibuang ke tempat sampah, moga2 hal ini bisa ditiru anak saya.

      Delete
  4. Asyiknya jadi blogger, saya jadi tahu bahwa pusat kota Bandar Lampung adalah: Tugu Adipura alias Bundaran Gajah :)

    Di Makassar jg ada Mak, kalo hari Minggu, warga kota suka ke Pantai Losari. Di sana car free day juga di hari Minggu, jadi tempat olahraga dan jajan sarapan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tahun ini saya bisa mampir ke Mak. Habis Lebaran mau terbang lagi ke Manado. Mumpung suami masih dinas di Sulawesi nih, pingin mampir ke Makassar. Sebelumnya cuma numpang transit ajah hihi. Penasaran sama Pantai Losari. Tetangga2 di Manado hobi banget deh nyetel lagu tentang Pantai Losari itu.

      Delete
  5. Di alun2 tempatku kalo hari Minggu banyak yang jualan makanan, banyak yg jalan-jalan karena car free day juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Habis jalan pagi cari keringat, perut langsung diisi he he.

      Delete
  6. Semogaaaaaa etrcapai semua keinginan Mbak Heni Puspita ^^

    ReplyDelete
  7. Wah seru kakak :)
    Bundaran gajah emang rame kalo hari minggu :D
    apalagi buat senam dan jogging
    keren deh pokoknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Semoga Bundaran Gajah & terutama lapangan Saburai bisa tertata lebih rapi. Biar jadi ruang terbuka yang aman dan nyaman.

      Delete
  8. dimana ada keramaian , di sana biasanya banyak sampah ya mak :(

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29