6 Manfaat Bermain Sepeda untuk Balita

Saat Razqa berusia dua tahun, Papanya berjanji membelikan sepeda roda tiga. Lho kan sudah punya sepeda roda tiga bekas kakak, ngapain beli lagi? Iya, tapi sepeda itu kan ditinggal di rumah Eyang, untuk dimainkan di sana. Kalau di rumah yang ada cuma sepeda kakak. Kasian lho seringkali Razqa cuma bisa memandangi kakak dan anak-anak tetangga yang nyore sambil bermain sepeda. “Ya nggak apa-apa deh, Ma. Biar aja beli sepeda baru untuk Razqa. Kasian juga kalau apa-apa bekas kakak semua.” Hi hi, iya ya dan mumpung pas momennya Razqa ulang tahun, jadi yuk mampir ke toko sepeda dan membeli sepeda roda tiga untuk Razqa.

Memilih Sepeda Roda Tiga untuk Razqa


Kalau sepeda roda tiganya kakak Rayyaan dulu ada hiasan boneka dan musiknya (meski sekarang sudah copot hi hi), untuk Razqa kami memilihkan yang berbeda. Kami memilih sepeda yang modelnya lebih simpel namun model dan bahannya lebih kokoh. Ada beberapa kelebihan dari sepeda yang kami pilih, yang pertama adalah adanya fitur pengaman untuk anak. Fungsinya untuk mencegah anak seusia Razqa yang masih imut-imut supaya tidak jatuh atau oleh ke kanan dan ke kiri saat bermain. 


Selain itu ada pijakan kaki untuk Razqa yang belum bisa menggowes pedal sepeda. Ada juga pegangan untuk mendorong sepedanya. Kalau belum bisa menggowes kan otomatis masih didorong-dorong ya. Nah sepeda ini mudah sekali dikendalikan oleh orang dewasa yang mendorong sepedanya.

Baca Juga: 4 Aktivitas Favorit Razqa di Luar Rumah.

  
Oh iya, sepeda ini juga pernah dicoba oleh kakak Rayyaan lho ha ha. Ternyata kuat juga ya untuk kakak yang beratnya sudah 25 kg. Nah kalau kakak kan sudah jago main sepeda. Saat mengendarai sepeda ini, ternyata gerakan sepedanya mulus sekali saat bermanuver seperti belok kanan dan kiri. Harganya sendiri cukup standar untuk ukuran sepeda roda tiga yang rata-rata harganya Rp 300.000 s.d Rp 400.000 per buah.


Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga untuk Balita


Biasanya nggak ada ya anak balita yang nggak sudah bermain sepeda meskipun masih dalam proses belajar menggowes. Apa saja ya manfaat bermain sepeda untuk balita?

1. Belajar bersosialisasi melalui interaksi dengan teman sebaya.


Bemain bersama teman-teman selalu menyenangkan termasuk bermain sepeda bersama. Sekarang Razqa itu sudah bisa mengajak bermain ke rumah tetangga lho. Apalagi ada teman sesama anak di bawah lima tahun di kompleks perumahan. Razqa yang cenderung kalem jadi berbinar-binar sekali saat bermain sepeda dengan kakak Rayyaan dan anak-anak tetangga di sore hari. 

2. Melatih kekuatan otot tangan dan kaki.


Saat belajar bermain sepeda, anak akan memegang stang sepeda yang bermanfaat untuk melatih genggamannya. Saat belajar membelokkan sepeda, kekuatan otot tangan juga akan terlatih. Saat kakinya menggowes pedal sepeda atau saat di awal masih belajar menggerakkan sepeda dengan kakinya seperti saat bermain mobil-mobilan yang dinaiki, otot kakinya juga akan terlatih. 


3. Melatih koordinasi kaki-tangan dan mata.


Saat naik sepeda meski saat ini masih didorong-dorong, Razqa sudah bisa mengarahkan stang sepedanya untuk berbelok ke kanan atau ke kiri. Kelak saat mulai belajar menggowes sambil membelokkan sepeda, koordinasi kaki-tangan dan matanya akan lebih terlatih. 


4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Bersepeda kan salah satu bentuk olahraga yang menyenangkan. Dengan rajin berolahraga sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dan anak menjadi lebih sehat.

5. Mengeksplorasi lingkungan sekitar.


Meski bersepeda di kompleks perumahan yang tidak terlalu besar, tapi tetap ada hal yang bisa dilihat dan dipelajari oleh Razqa. Misalnya melihat awan, burung, dan pesawat di langit. Razqa juga bisa melihat aneka tanaman yang ada di halaman rumah tetangga. Selain itu sering juga lho ada ayam atau kucing yang lewat saat Razqa bermain sepeda. Melihat hal itu semua ternyata membuat Razqa tertarik!

6. Menambah rasa percaya diri. 


Saat mengalami perkembangan dalam proses belajar bersepeda, anak akan merasa lebih percaya diri. Tapi bukan hanya karena bisa bermain sepedanya yang membuat anak lebih pede. Saat berinteraksi dengan orang lain baik anak-anak maupun orang dewasa, serta mengeksplorasi lingkungan sekitar akan membuat anak makin merasa berani, nyaman, dan percaya diri. 


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajak Anak Bersepeda


Karena saat ini sedang musim hujan, saya hanya mengizinkan Razqa bersepeda saat cuacanya sedang baik. Tapi kalau panas terik juga bukan berarti boleh he he. Yang paling ideal adalah bermain di pagi hari dan sore hari terutama di bawah jam 9 pagi dan di atas jam 4 sore. 

Selain itu tentu saja Razqa harus dalam kondisi yang fit. Untuk menambah staminanya saya melengkapi asupan nutrisi Razqa yang sedang dalam proses disapih dengan susu Indomilk UHT Full Cream.

#IndomilkUHTKidsFullCream
meski tanpa tambahan rasa seperti vanilla atau stroberi, Razqa suka rasa susu Indomilk UHT Full Cream ini. Rasanya gurih khas susu full cream tapi bukan karena gula atau garamnya lho. Karena susu ini tidak mengandung garam dan gula tambahan. Jadi susu ini lebih aman untuk gigi dan ginjal Razqa. 


Nutrisinya sendiri komplit dan tinggi kalsium untuk anak yang senang bereksplorasi seperti anak seusia Razqa. Kemasannyapun praktis untuk dipegang dan diminum sendiri oleh Razqa. Mudah juga untuk dibawa berpergian. Porsinya pas untuk sekali minum. Oh iya, susu Indomilk UHT Full Cream ini aman kok untuk anak-anak di atas 1 tahun.

Karena selain tanpa tambahan gula dan garam, formulasinya memang khusus untuk anak-anak dan berbeda dengan susu UHT untuk orang dewasa. Cocok banget deh susu Indomilk UHT Full Cream ini untuk minuman tambahan dan diminum sebelum atau sesudah Razqa bermain sepeda bersama kakak dan teman-teman #IndomilkUHTKidsFullCream 




Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9