7 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan Menunya Sambel Alu

7 Hal yang Bisa Bikin
Kamu Ketagihan Menunya Sambel Alu
Gambar: Tribun Lampung

Sabtu beberapa minggu lalu adalah hari yang cukup melelahkan buat kami. Karena Bandar Lampung macet banget. Ya seenggaknya di jalur yang kami lewati kondisinya pada merayap. Di mana tuh? Di daerah Kemiling ada proyek pembuatan fly over, jadi untuk menuju kesana perlu waktu sampai 1,5 jaman. Saat pulang Rayyaan mengeluh kelaperan. Mama Papa juga siiiiih he he. 

Sebenarnya anak-anak saya bawakan bekal. Tapi si kakak masih laper aja setelah makan bekal nasi ayam goreng buatan Mama. Daripada kelaparan sepanjang perjalanan pulang, mampirlah kami ke Sambel Alu di Jalan Pramuka. Ada hikmahnya juga ya kelaperan, sejak beberapa waktu lalu mau mampir ke sini baru kesampaian. 


Suasana di Sambel Alu cukup ramai karena saat itu memang jam makan siang. Alhamdulillah masih kebagian meja. Setelah kami duduk, ada mbak-mbak cantik tersenyum manis yang datang membawakan menu. Hmm... Pilih apa ya? Buat Rayyaan jelas harus ayam goreng. Sementara Mama dan Papanya pilih ayam bakar.

Nggak lama kemudian pesanan kami datang. Dan meski banyak yang bilang makanan apapun jadi enak kalau dimakan dalam kondisi (ke)lapar(an), tapi ludesnya menu pesanan kami bukan cuma sekadar karena kami lagi laper-lapernya lho. Buat man-teman yang mau nyobain makan di sini, hati-hati ya karena 7 hal ini bisa bikin kamu ketagihan makan mbenunya Sambel Alu:

1. Makan Sambel Sepuasnya

Buat sebagian besar orang Indonesia, makan itu nggak lengkap kalau nggak ada sambelnya. Makan menu yang sederhana aja kalau ada sambel yang enak ya lahap-lahap aja. Nah sesuai dengan nama tempat makannya, di Sambel Alu ini yang khas ya sambelnya. Kalau kita datang ke sini, bisa lihat deh di masing-masing meja ada alu yang berisi sambal dan ditutupi daun pisang.


Kalau dilihat-lihat sih ini cabenya seperti cabe caplak, cabe rawit yang berukuran besar itu lho. Yang khas dari sambelnya menurut saya adalah aroma serehnya. Tuh kalau dilihat lagi, di sambelnya memang ada serehnya. Enaknya nih, di sini bebas nambah sambel sepuasnya! 

Pedesnya itu masih bisa ditoleransi lidah. Buktinya si Papa juga ikut makan sambelnya. Karena buat saya yang lebih suka pedas, sambel kalau terlalu pedas ampun-ampunan juga nggak enak. Yang ada malah jadi nggak bisa menikmati sambel dan menu lainnya. Kalau si Papa cuma makan 1 sdm makan sambel, saya 'cukup' 3 sdm aja hi hi. 

2. Nasi Liwetnya dan Nasi Daun Jeruknya Juara

Menu yang khas di sini adalah nasi liwet dan nasi daun jeruknya. Kalau di tempat lain saya pernah makan nasi liwet tapi malah terlalu mirip sama nasi uduk, di Sambel Alu ini nasi liwetnya bener-bener nasi liwet. Jadi kerasa gitu lho bumbunya. Gurih tapi nggak berlebihan.

Rayyaan yang biasanya cuma mau nasi putih juga tumben-tumbenan mau makan nasi liwet he he. Kalau saya dan Rayyaan pilih nasi liwet, si Papa pilih nasi daun jeruk. Nasi daun jeruk ini juga enak dan wangi. So dua jenis nasi ini recommended buat dicobain karena rasanya juara.


3. Ayam Goreng dan Ayam Bakarnya Enaaak

Di Sambel Alu ada menu ayam potong, ayam kampung, empal, ikan mas, lele, dan tahu serta tempe. Tapi yang kami pilih adalah ayam goreng dan ayam bakar. Kalau ayam goreng sudah jelas dong buat siapa. Ya siapa lagi yang macam Upin Ipin saban hari yang ditanya ayam goreng he he, Rayyaanlah.

Meanwhile saya dan Papanya anak-anak pilih ayam bakar karena pengen sesuatu yang lebih berbumbu. Tanpa perlu menunggu terlalu lama, pesanan kamipun diantar. Nyam... Dua menu ini juga recommended buat dicoba. Enak enak enak!

4. Harga Terjangkau

Trus menu enak begini harganya mahal nggak? Ternyata harganya terjangkau banget. Di sini ada aneka paket hemat mulai dari Rp 23.000/paket. Ada juga paket nasi kotak mulai dari Rp 18.000/paket. Nasinya aja seharga Rp 5.000 - 6.500. Lauk-pauk lain harganya mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 24.000. Untuk aneka minuman dibandrol dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 18.000. Nggak bikin kantong bolong kan?


5. Porsi Bikin Kenyang

Meski harganya terjangkau, tapi bukan berarti porsinya pas-pasan. Untuk orang yang lagi kelaperan berat, porsi makanan di Sambel Alu itu bikin kenyang lho. Amanlah di perjalanan pulang, karena kami harus kembali menembus kemacetan untuk sampai di rumah hi hi hi. 

6. Delivery Order via WA atau Go Food

Buat yang belum tau Sambel Alu ini lokasinya di mana, tempatnya ada di Jalan Pramuka ya. Nggak jauh kok dari lampu merah or proyek pengerjaan fly over. Dari rumah kami sih memang lumayan jauh. Tapiii, buat yang pengen makan menu Sambel Alu tapi mager alias males gerak, ya tinggal order pakai Go Food aja, iya kaaaan? Atau bisa juga kontak langsung via nomor WAnya Sambel Alu.

7. Bikin Hati Berbunga-Bunga

Jangan kaget ya mendengar kalimat yang diucapkan mbak-mbak dan mas-mas staf Sambel Alu saat melepas pelanggan pulang. Awalnya sih geli-geli gimana gitu dengernya, tapi jadi senyum-senyum sendiri he he. Kalau yang dateng ke sininya (uhuk) sendirian, mungkin bisa salah denger dan hati berbunga-bunga karena mbak-mbak dan mas-masnya serentak bilang "Aku cinta padamuuuu!" eh "Alu cinta padamuuuu!" hi hi hi. 

Daftar Menu dan Harga di Sambel Alu

Aneka Makanan

1. Ayam Goreng Rp 12.000,-
2. Ayam Bakar Kalasan Rp 12.000,-
3. Ayam Kampung Goreng Rp 17.000,-
4. Ayam Kampung Bakar Kalasan Rp 17.000,-
5. Bebek Goreng Rp 24.000,-
6. Empal Goreng Rp 15.000,-
7. Ikan Mas Goreng Rp 15.000,-
8. Lele Goreng Rp 10.000,-
9. Tahu Goreng (Isi 4) Rp 4.000,-
10. Tempe Mendoan (Isi 3) Rp 7.000,-
11. Kol Goreng Rp 5.000,-
12. Tumis Cumi Hitam Rp 15.000,-
13. Sambel Terasi Mentah Rp 5.000,-
14. Nasi Putih Rp 5.000,-
15. Nasi Liwet Rp 6.500,-
16. Nasi Daun Jeruk Rp 6.500,-

Aneka Sate

1. Sate Ampela Rp 10.000,-
2. Sate Telor Puyuh Rp 3.000,-
3. Usus Goreng Rp 5.000,-


Aneka Paket Hemat

1. Nasi Liwet Minimalis + Es Teh Rp 23.000,-
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Es Teh + Lalapan + Sambel

2. Nasi Liwet Cumi + Es Teh Rp 30.000,-
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Tumis Cumi + Es Teh

3. Nasi Liwet Komplit + Es Teh Rp 33.000,-
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Tumis Cumi + Tahu Tempe Goreng + Es Teh

Paket Nasi Kotak (Min 10 Kotak)

1. Paket Minimalis Rp 18.500,-
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Air Mineral + Buah

2. Paket Cumi Rp 25.000
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Tumis Cumi + Air Mineral + Buah

3. Paket Komplit Cumi Rp 28.500,-
Nasi Liwet/Nasi Daun Jeruk + Ayam Goreng/Bakar + Tumis Cumi + Tahu Tempe Goreng + Air Mineral + Buah

Aneka Minuman

1. Es Teh Rp 5.000,-
2. Es Lemon Tea Rp 8.000,-
3. Es Cappuccino Rp 8.000,-
4. Es Jeruk/Jeruk Nipis Rp 8.000,-
5. Es Juragan (Jeruk Degan) Rp 15.000,-
6. Es Klamud (Kelapa Muda) Rp 10.000,-
7. Es Teler Rp 15.000,-
8. Air Mineral Rp 5.000,-
9. Es Batu Rp 1.000,-

Aneka Jus Buah

1. Jus Mangga Rp 10.000,-
2. Jus Jambu Rp 10.000,-
3. Jus Alpukat Rp 12.000,-
4. Jus Strawberry Rp 12.000,-
5. Jus Sirsak Rp 12.000,-
6. Jus Naga Rp 10.000,-
7. Rainbow Jus Rp 17.000,-
8. Jus Mangga Yakult Rp 15.000,-
9. Jus Srawberry Yakult Rp 18.000,-
10. Jus Jamsir (Jambu Sirsak) Rp 15.000,-

Sambel Alu

Jalan Pramuka No 17, Rajabasa, Bandar Lampung
Telp 0822 7967 1843
Order via WA 0821 7567 9948
Buka jam 10.00 - 21.00 WIB
IG @sambel.alu
FB Nasi Kotak Sambel Alu

Cuzzlah cicipin menu-menunya, bisa langsung ke sana naik bawa kendaraan sendiri atau naik ojek online. Jangan lupa ajak teman-teman, keluarga, atau kerabat. Kalau nggak bisa ke sana langsung bisa order untuk diantar sampai ke rumah juga. Siap-siap deh ketagihan makan menunya Sambel Alu.

12 comments on "7 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan Menunya Sambel Alu"
  1. I love sambeeeelll.....apalagi itu ada menu nasi liwetnya... tapi di lampung ...jauuhhh

    ReplyDelete
  2. jadi ngiler nih, pengen coba makanan disana, dan harganya sangat terjangkau

    ReplyDelete
  3. wih jadi ngiler, pengen segera mesen makanan disana

    ReplyDelete
  4. Wah dapet referensi tempat makan baru lagi nih.dari arah rajabasa ke kemiling lokadinya sebelah kiri atau kanan jalan ya,pingin nyoba mampir ke sana ah

    ReplyDelete
  5. kalau bahas sambel saya nyerah deh, tapi lihat harga paket hematnya jadi tertarik, pokoknya yang murah dan mengenyangkan saya suka

    ReplyDelete
  6. Dimananya, ya? Padahal sering lewat jl Pramuka?

    ReplyDelete
  7. Makan tanpa sambel itu kurang greget. Duh aku tergoda banget dengan sambel yang ada serehnya. Dengernya aja udah buat ingin makan.

    ReplyDelete
  8. Pengenn... banget ngerasain nikmatnya sambel sepuasnya lagi... hemm nyam nyam nih nanti kalo ke Bandar Lampung mampir ah... terimakasih informasi tentang makan sambel sepuasnya ini ya mbak...bakalan bikin lingkar pinggang kembali melar nih

    ReplyDelete
  9. WOOOWWW....eh itu sambelnya dadakan ya dibuatnya, makan dengan harga segitu masih terjangkau di kantong anak kost yang sesekali ingin merasakan makan enak.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ni nyoba sambal Alu, tapi aku suka makan sambal sih nanti kapan-kapan pengen nyobain ke sini ah

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9