Monday, December 11, 2017

Review Drama Korea: While You Were Sleeping

Gambar: www.soompi.com

Saat pertama kali tau Lee Jong Suk bakal main drama While You Were Sleeping bareng Mbak Suzy, awalnya saya khawatir. Kenapa? Karena beberapa kali saya membaca artikel yang berisi kritik tentang akting Suzy. Akting Suzy disebut-sebut jadi penyebab drama terakhirnya yaitu Uncontrollably Fond ratingnya biasa-biasa aja.

Well buat saya jalan cerita Uncontrollaby Fond memang kurang menarik. Jadi nonton dua episode aja di KBS trus stop, males ngikutin lagi he he. Jadi intinya sih saya khawatir While You Were Sleeping bakal dinilai jeblok juga. Apalagi saya suka banget sama drama W yang dibintangi Lee Jong Suk tahun lalu. Tayang bersamaan dengan Uncontrollably Fond dan dapat rating lebih bagus. 


Saat lagi kurang hiburan, kurang piknik, dan gampang bete, akhirnya saya coba cari drama Korea lagi untuk ditonton. Pilihan saya jatuh pada drama While You Were Sleeping. Kekhawatiran saya kalah sama keinginan untuk menikmati aktingnya Lee Jong Suk he he he. Genre drama ini tentang apa sih? Perpaduan romance, fantasy, dan thriller. Oh iya, episodenya lumayan panjang, 32 episode. Tapiiii, per episode cuma 30 menitan gitu deh. Mulai tayang akhir September dan tamat pertengahan November lalu.

Gambar: www.soompi.com

Ngikutin on going dari awal? Nggak!!! Saya udah lama nggak nonton on going drama. Nggak tahan baper dan penasarannya ha ha. Mending nunggu dramanya tamat trus baru nonton. Trus ceritanya tentang apa?

Nam Hong Joo yang diperankan Bae Suzy adalah seorang gadis yang tinggal berdua aja dengan ibunya yang punya restoran samgyeopsal (makanan khas Korea yang terbuat dari pork yang dipanggang). Hong Joo punya keunikan yaitu bisa memimpikan masa depan. Waktu masih remaja ia mimpi ayahnya meninggal karena ada prajurit yang melarikan diri dan meledakkan bus yang disupiri ayah Hong Joo. 

Hong Joo sudah berusaha mencegah ayahnya masuk kerja hari itu tapi ayahnya menolak. Dan mimpi Hong Joo benar-benar terjadi! Ayahnya disebut sebagai pahlawan karena berhasil mengevakuasi penumpang bus sebelum meledak. Namun hati Hong Joo tentu saja hancur. Ia merasa bersalah dan menganggap ayahnya meninggal karena ia nggak bisa mencegah kejadian itu.

Ia juga pernah mencegah seorang bapak untuk merokok karena ia mimpi si bapak akan terbakar saat mengisi bensin. Tapi siapa yang mau percaya? Hong Joo malah dianggap aneh. Setiap terbangun akibat mimpi buruk, Hong Joo jadi stress karena apa yang ia lihat dalam mimpinya pasti terjadi. "Aku nggak bisa mengubah masa depan." Begitu kurang lebih Hong Joo curhat ke ibunya. 

Suatu hari ia mimpi ibunya meninggal. Dalam mimpi itu ia melihat dirinya sendiri berkata "Jadi ibu meninggal karena kecelakaan yang aku sebabkan?" Hong Joo jadi ketakutan. Meski berusaha menghibur, sang ibu yang berkali-kali menjadi saksi mimpi Hong Hoo selalu jadi kenyataanpun menyiapkan surat wasiat serta warisan untuknya. Sedihnya... 

Tapi ada mimpi lain. Dalam mimpi itu Hong Joo memeluk seorang laki-laki yang nggak dia kenal. Saat bangun Hong Joo jadi sebel. "Aku kan bukan tipe yang pedekate duluan sama cowok." Ha ha. Ada kejutan lain nih, laki-laki yang di dalam mimpi itu ternyata tetangga baru Hong Joo! Saat Jung Jae Chan (diperankan oleh Lee Jong Suk) memencet bel dan mau mengantar kue sekaligus berkenalan, langsung ditolak mentah-mentah oleh Hong Joo (karena terpengaruh oleh mimpinya) he he.

Jae Chan ternyata baru bekerja menjadi jaksa. Ia tinggal berdua saja dengan adiknya Jung Seung Won yang masih SMA. Kalau di drama W, Lee Jong Suk berperan jadi pengusaha muda super tajir dan seperti nggak ada celanya, di drama ini karakternya adalah jaksa yang belum berpengalaman.

Suka selfie selfie sampai dianggap norak he he.
Gambar: www.soompi.com

Karakternya juga nggak seperti karakter Lee Jong Suk di drama Pinocchio, yaitu seorang reporter yang super cerdas. Di drama ini selain belum berpengalaman, karakter Jae Chan juga digambarkan sebenarnya nggak terlalu cemerlang, lemot, dan agak norak. Jadi baik bos, senior, dan teman sekantornya sering sebel he he.

Jae Chan juga punya saingan yaitu Lee Yoo Bum, mantan jaksa yang kini jadi pengacara. Yoo Bum rupanya pernah jadi guru privat Jae Chan. Karakternya licik banget.

Tipe pengacara yang kotor deh. Yoo Bum nggak peduli kalau kliennya sebenarnya bersalah, asal ia dibayar mahal dan punya peluang untuk menang. Ia nggak segan-segan memalsukan barang bukti atau menyuap saksi supaya kliennya menang di pengadilan. Bikin greget nggak sih?

Jae Chan dan rivalnya, Yoo Bum.
Gambar: www.soompi.com

Di hari pertama Jae Chan kerja, Yoo Bum juga sengaja menjatuhkan citra Jae Chan supaya rekan sekantornya nggak respek. Padahal ada yang sudah nyiapin kue selamat datang segala karena Jae Chan ganteng ha ha.

Tapi gara-gara omongan Yoo Bum, teman sekantornya mengira Jae Chan ganteng-ganteng tapi nggak becus jadi jaksa. Pasti bakal ngerepotin dan bikin teman-temannya lembur terus. Jae Chanpun batal dapat cake selamat datang ha ha, kasiaaaan.

Ada kejutan lain nih. Ternyata Hong Joo pacarnya Yoo Bum! Hmm, kok bisa ya. Padahal katanya baru dua kali ketemu, tapi kok sudah jadian. Trus Hong Joo kayaknya buka tipe cewek ideal Yoo Bum. Saya mbayanginnya kan tipe idealnya Yoo Bum itu yang cantik, smart, dan elegan.

Di hari Valentine Yoo Bum mengajak Hong Joo makan malam. Di parkiran mereka bertemu Jae Chan yang mau ngetes mobil barunya, ciee mobil baru ciee... Awalnya Yoo Bum ngajak Jae Chan makan bareng, double date gitu deh. Karena Jae Chan ngaku-ngaku mau ngedate juga. Padahal mah lagi nungguin adeknya ha ha. Kasian banget kamu, Mblo.

Saat makan malam tiba-tiba Hong Joo panik karena salju turun. Kenapa? Karena kondisinya persis dengan mimpi ibunya meninggal. Si ibu ditelpon-telpon nggak ngangkat pula. Duh ibu ke mana? Meanwhile di tempat lain si ibu terlihat berjalan sendirian dan ada seorang laki-laki yang mengikuti. 

Karena panik, Hong Joo memutuskan untuk pulang. Yoo Bum memaksa ia yang menyetir mobilnya Hong Joo. "Saya sudah biasa nyetir di jalan bersalju, kamu kan nggak." Di mobil, Hong Joo terus mengontak ibunya. Ohh, rupanya laki-laki tadi teh nyusul ibunya Hong Joo untuk mengembalikan handphone yang ketinggalan. Fiuuh, akhirnya Hong Joo bisa lega.

Tapi Yoo Bum yang nggak fokus karena nyetir sambil ngobrol tiba-tiba menabrak seseorang. Siapa??? Laki-laki yang tadi menolong ibunya Hong Joo! Laki-laki itu meninggal di tempat. Hong Joo dan Yoo Bumpun nggak sadarkan diri.


Beberapa karakter dalam drama ini.
Gambar: www.soompi.com

Saat sadar, Hong Joo melihat yang ada di sisinya bukan ibunya, tapi bibik tetangga. Rambut Hong Joo yang tadinya pendek sudah memanjang. Rupanya ia terbaring nggak sadar selama 10 bulan! Sedihnya, saat sadar ibunya sudah keburu meninggal. Rupanya sang ibu terlalu lelah bekerja siang dan malam setelah restoran dan rumahnya dijual. Lho kenapa?

Karena ia perlu uang untuk membayar untuk keluarga kecelakaan tadi. Lho??? Kan bukan Hong Joo yang salah???

Tapi somehow semua bukti mengarah padanya. Termasuk rekaman CCTV dan tes DNA darah di airbag di kursi pengemudi. Malang banget nasib Hong Joo. Saat sadar sudah nggak punya ibu, dan sekarang masih harus menghadapi tuntutan pengadilan. Tebak siapa jaksa penuntutnya? Nggak lain dan nggak bukan adalah Jung Jae Chan. 

Aaah, dramanya gloomy ya? Sad ending ya? Sabar-sabar... Yang saya ceritakan itu baru 1-2 episodenya aja. Masih buanyak kejutannya. Meski nggak sedag-dig-dug pas nonton W, tapi bagi saya drama ini nggak membosankan kok. Untunglah saya nonton pas dramanya sudah kelar. Kalau nggak bisa baper dan penasaran nungguin lanjutannya ha ha.

Aktingnya Suzy di drama ini juga oke. Yang pasti memang cerita juga banyak berperan. Saya pernah nonton drama yang aktris dan aktornya nggak perlu diragukan lagi kualitasnya, tapi karena ceritanya nggak asyik, ya males banget lanjut nonton dramanya. 

Selain itu drama ini juga ada unsur komedinya. Pas nonton episode awal saya tuh lagi bete berat, tapi sukses ngikik-ngikik melihat beberapa adegannya. Agak geli sih melihat si Jae Chan suka selfie-selfie, rada ngalay gitu gayanya ha ha. Tapi ternyata dia punya alasan yang sweet banget di balik semua selfie itu.

The main leads.
Gambar: www.soompi.com

Meski saya sudah nebak-nebak Hong Joo sebenarnya smart, tapi saya kira dia tipe pemalu yang nggak berani atau malas ketemu orang lain. Bahkan saya kira dia pengangguran. Tapi ternyata saya salah!

Oh ya, unsur romance di drama ini juga nggak lebay. Sayapun mostly tertarik dengan kasus-kasus yang dihadapi Jae Chan. Nggak ada juga drama-drama dengan second male lead alias rebutan cewek antara pemeran pria utama dan kedua.

Second male lead syndrome-nya sih tetap ada ha ha, tapi instead of drama cinta segi tiga, yang ada sih cerita persahabatan yang sweet semanis second male leadnya (kalau kata orang-orang ha ha). 

Eh ada lagi karakter yang menarik perhatian saya, yaitu karakter Mr. Choi Dam Dong yang diperankan oleh Kim Won Hae. Tahun 2016-2017 ini si ahjussi memang main di lumayan banyak drama, termasuk di Strong Woman Do Bong Soon. Di drama itu ia memerankan dua karakter berbeda, yaitu gangster dan bos pemarah yang agak melambai.

Kalau di drama ini ia jadi teman sekantornya Jung Jae Chan. Meski Mr. Choi kelihatan konyol dan kurang bisa diandalkan tapi sebenarnya ia pintar. Yoo Bum bahkan beberapa kali meminta Mr. Choi pindah kerja bersamanya dan diam-diam Jae Chan takut kehilangan Mr. Choi yang ia anggap sebagai mentornya.

Oh iya, di drama ini ada beberapa aktor anak-anak, eh remaja yang memerankan karakter utama versi muda. Menariknya nih Nam Da Reum sudah tiga kali jadi Lee Jong Suk versi muda. Pertama di film No Breathing, lalu di drama Pinocchio, dan terakhir di While You Were Sleeping. Cocok nih jadi penerusnya Lee Jong Suk, sama-sama cakep dan keren aktingnya he he.

Nam Da Reum
Gambar: Forum Soompi

Kalau dari segi rating, drama ini biasa saja. Saya nggak mengikuti berita tentang drama lain yang tayang di hari dan jam yang sama. Karena bisa aja sih ada drama yang lebih disukai penonton di Korsel sana. Tapi saya nggak nyesel nonton drama ini. Soundtracknya juga bagus-bagus, misalnya When Night Falls (Eddie Kim) dan I Love You Boy (Suzy).

Menarik banget melihat karakter Jung Jae Chan yang meski awalnya dianggap lambat dan kurang kompeten tapi berusaha sekuat tenaga jadi jaksa yang jujur. Atau Nam Hong Joo yang awalnya desperate karena mimpi-mimpinya tapi akhirnya berani melakukan sesuatu untuk berusaha memperbaiki keadaan atau mencegah hal buruk terjadi.

Namanya baru mimpi, iya kan? Kalau tentang masa depannya buruk, ya berusaha supaya keadaan bisa jadi baik. Kalau mimpinya baik, jangan terlena dan jadi lupa berusaha. Kalau nilai 0 sampai 10, saya kasih nilai berapa ya? Hmm... 7,5 deh. 

Judul: While You Were Sleeping.
Genre: Romance, Fantasy, Thriller, Drama.
Episode: 32.
Durasi tayang: 35 menit.
Stasiun TV: SBS.
Waktu tayang: 27 September - 16 November 2017.
Pemain: Lee Jong Suk (Jung Jae Chan), Bae Suzy (Nam Hong Joo), Lee Sang Yeob (Lee Yoo Bum), Jung Hae In (Han Woo Tak). 


14 comments:

  1. Catet ah. Nontonnya pas libur sekolah entar. Yihaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya nih, kalau libur ga kemana2, bisa menghibur diri dengan nonton K Drama hehe

      Delete
  2. Finally ada yang nulis review sama rangkuman singkat tentang drama ini hihi
    Dari dulu mau nonton tapi nggak tertarik entah kenapa, padahal jong suk yang main..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sempet ragu kayak saya karena ada Mbak Suzy? Hihi, awalnya jg kwatir krn Suzy banyak dikritik gara2 aktingnya di drama sebelumnya dinilai kurang oke

      Delete
  3. Aku juga lagi on going nonton drama ini. Baru episode 5, dan merasa penasaran2. Yg konyolnya lagi karakter suzy yg aneh di tambah jaksa 'norak' itu... Xixixi... Kadang buat ketawa2 sndiri.
    Mkasih mbk heni reviewnya., jadi pengen nerusin nonton lihat kelanjutannya. 😁

    ReplyDelete
  4. Aku juga lagi on going nonton drama ini. Baru episode 5, dan merasa penasaran2. Yg konyolnya lagi karakter suzy yg aneh di tambah jaksa 'norak' itu... Xixixi... Kadang buat ketawa2 sndiri.
    Mkasih mbk heni reviewnya., jadi pengen nerusin nonton lihat kelanjutannya. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha iya nih, karakter Jong Suk di sini agak weird nggak cool kyk di drama sebelumnya

      Delete
  5. Saya rencana mau nonton drakor ini juga, thanks yaaa

    ReplyDelete
  6. Sudah nonton sampe episode 6 tapi jadi malas lanjut, gak dapat feel-nya huhuhu 😥

    ReplyDelete
  7. Mirip2 film jadul ya While You Were Sleeping. Pake koma juga. Fixed deh, tambah gak pengen nonton drama ini. Makasih ya sudah ngebocorin. You saved my precious time, hahahaha

    ReplyDelete
  8. Eh, bukannya 16 episode ya? Waktu itu nonton I n going soalnya, dan sukses penasaran setiap minggu, haha. Tayang 2x seminggu. Jadi walau 16 episode, total waktu tayang cuma 8 minggu. Seinget aku ya, bukan 32 episode tapi 16 episode, hehehe. ☺️😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info resminya 32 eps Mak. Tapi durasi tayang per eps cuma 30-35 menit. Drama lain jg ada yg begitu, 40 eps tapi cm stgh jam. Klo totalnya ya mmg kyk drama 16 eps hehe.

      Delete
  9. Udah nonton sampe habis. Biarpun fantasi tapi gak terlalu keluar dari jalur 'masuk akal'

    Gak nyesel nontonnya, lumayan kocak meski harus sabar nungguin download per episode tiap minggunya. Awal-awal agak bosen sih lihat Suzy, tapi makin ke sini makin lumayan drakornya hehe.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29