Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Aplikasi Online Ruangbelajar Bantu Orangtua dan Anak Memahami Materi Kurikulum Nasional


Sudah satu tahun nih Rayyaan menjalani pendidikan non formal. Sejak tahun ajaran 2020/2021 memang Rayyaan pindah dari sekolah formal ke PKBM. PKBM itu apa? PKBM adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PKBM merupakan lembaga non formal tempat diselenggarakannya Ujian Paket atau Ujian Kesetaraan. 

Lho bukannya ujian paket itu untuk anak putus sekolah ya? Ya nggak dong. Anak-anak yang homeschooling kan juga menjalani ujian paket. PKBM ini ada yang milik pemerintah dan ada yang dikelola oleh swasta. Jadi anak-anak yang terdaftar di PKBM juga punya nomer induk siswa yang terdaftar di Kemdikbud. 

Rayyaan sendiri terdaftar di PKBM yang lokasinya di Salatiga. Lho jauh dong dari Bandar Lampung? Ya karena alhamdulillah berjodoh dengan PKBM ini he he. Nggak hanya Rayyaan kok siswa yang dari luar Salatiga. Yang kami suka dari PKBM ini adalah ada klub online dengan berbagai topik untuk siswa dan orang tua. Hanya saja untuk pelajaran yang sifatnya akademik yang sesuai dengan level kelas anak, memang dikelola orang tua masing-masing anak. Di akhir semester juga ada tes online di http://setara.kemdikbud.go.id/kesetaraan yang harus diikuti siswa. 



Tes onlinenya tentang apa? Ya tentang topik yang ada di pembelajaran tematik sesuai kurikulum nasional. Memang tiap keluarga yang anaknya menjalani pendidikan non formal itu mungkin sekali menggunakan kurikulum yang berbeda-beda. Karena salah satu hal yang menarik dari homeschooling adalah fleksibilitasnya. 

Bagaimana keluarga menjalankan pendidikan anaknya ya tergantung visi dan misi keluarga masing-masing. Meski begitu sebagai orang tua, saya dan suami merasa tetap perlu mengenalkan materi kurikulum yang digunakan di Indonesia. Karena materi kurikulum inilah yang menjadi bahan tes semester dan ujian paket.

Selain lewat buku, satu cara kami mengenalkan kurikulum nasional kepada Rayyaan adalah lewat produk ruangbelajar by Ruangguru. Kenapa lewat aplikasi ini ya?



Membantu Orang Tua dan Siswa Memahami Kurikulum Nasional

Pertama karena pada saat masih sekolah formal, sekolah Rayyaan menggunakan kurikulum yang sedikit berbeda. Yaitu gabungan kurikulum nasional dan kurikulum sekolah alam. Jadi saat pindah ke jalur non formal, memang butuh adaptasi bagi kami untuk mempelajari kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013 (K-13). 

Hemat Waktu dan Energi

Selanjutnya karena kami nggak hanya ingin fokus pada K-13 saja tapi juga pada hal-hal yang menjadi minat anak. Selain itu kami juga sedang berusaha melibatkan anak dalam kegiatan mengurus rumah. Jadi bagi kami eksplorasi minat dan gotong-royong mengurus rumah itu juga bagian dari pendidikan anak. Tidak dipungkiri memang butuh lebih banyak waktu untuk membersamai anak dalam dua kegiatan ini. Jadi ruangbelajar memang solusi praktis yang hemat waktu dan energi. Karena orangtua tidak perlu menyiapkan bahan pembelajaran dari nol. 

Video Animasi Dafa Lulu di ruangbelajar untuk SD

Ini salah satu yang Rayyaan suka dari produk ruangbelajar, karena ada video animasi yang bagusssss. Karakter utama animasi ini adalah Dafa dan Lulu yang siap menemani anak belajar dengan lebih menyenangkan. Selain gambarnya bagus seperti yang ada di buku bergambar untuk anak, suara karakternya juga benar-benar suara anak-anak. Di setiap tema di K-13 juga ada pendidikan karakternya, dan memang menyampaikan pendidikan karakter ini lewat animasi terasa lebih menyenangkan bagi anak usia SD. 

Belajar dengan Metode Game

Setelah menonton video animasi Dafa dan Lulu, biasanya ada kuis kecil yang sesuai dengan tema yang sedang dipelajari. Karena seperti sedang bermain game, jadi anak nggak mudah bosan. Setelah kuis kecil ini baru deh ada kuis lain yang tujuannya untuk menguatkan pemahaman siswa tentang tema tersebut.

Selain itu setiap selesai belajar, anak juga akan mendapatkan poin seperti yang ada di aplikasi game pada umumnya! Poin-poin ini bisa digunakan untuk membeli obyek virtual untuk menghias profil anak di ruangbelajar. 



Fitur Teman Belajar

Ada hal lain lagi yang menarik di ruangbelajar. Anak akan mendapatkan teman belajar berupa karakter hewan peliharaan digital. Teman belajar ini akan semakin kuat kalau anak sering menggunakan ruangbelajar. Tapi bisa juga mati kalau aplikasinya jarang ditengok seperti kalau sedang waktu libur he he. 

Fitur Jadwal Belajar

Saya pernah membaca bahwa ada baiknya anak diajak terlibat membuat jadwal harian. Karena ini bisa melatih kemandirian dan tanggung jawab anak. Harapannya anak akan belajar mengerjakan sesuatu atas motivasi dari dalam diri sendiri bukan hanya sekedar karena disuruh saja. Nah di ruangbelajar ini ternyata ada juga fitur jadwal belajarnya. Anak bisa memilih ikut jadwal belajar yang dibuat oleh ruangbelajar. Namun bisa juga menentukan sendiri waktu belajar dengan ruangbelajar.

Materi yang Bisa Diunduh dan Dipelajari Offline

Kalau suatu saat butuh mengulang kembali topik yang pernah dipelajari, ternyata ruangbelajar juga memberikan fasilitas berupa materi yang bisa diunduh dan dipelajari offline. Materi offline ini berupa aneka video pembelajaran, rangkuman materi, dan kuis. Jadi kalau suatu saat ada gangguan koneksi internet, anak tetap bisa belajar dengan materi offline. 

Bank Soal dan Laporan Belajar

Tadi saya sempat menuliskan kalau Rayyaan juga harus mengerjakan tes setara daring dari Kemdikbud. Di ruangbelajar ada juga Bank Soal yang bisa membantu anak berlatih mengerjakan soal-soal tersebut. Selain itu orangtua juga bisa mengecek proses belajar anak lewat fitur Laporan Belajar dan Whatsapp Ruangguru. 

Biaya Terjangkau

Program dengan berbagai fitur keren di atas, jangan-jangan biayanya mahal ya? Alhamdulillah saat Rayyaan mendaftar ruangbelajar pas ada flash sale nih. Contohnya seperti ini. Ada diskon untuk yang mendaftar paket di ruangbelajar selama satu semester atau satu tahun. Kalau dihitung biayanya hanya Rp 50.000 per bulan atau Rp 1.667 saja per harinya! 




Program ruangbelajar ini bukan hanya untuk anak tingkat SD seperti Rayyaan namun juga untuk kakak-kakak yang sudah SMP dan SMA. Siswa bisa belajar di mana saja dengan waktu yang lebih fleksibel. Meski begitu tujuan belajarnya tidak hanya sekadar untuk mengerjakan soal tes saja ya, namun juga supaya anak mendapat pengalaman belajar dan pemahaman dengan cara yang menyenangkan dengan guru-guru terbaik. Ruangbelajar ini bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru di Google Play untuk Android dan App Store untuk iPhone. 

Informasi tambahan tentang ruangbelajar dan produk Ruangguru yang lain juga bisa diakses melalui tautan di bawah ini. 

Website Ruangguru: https://ruangguru.com/

Website produk ruangbelajar: https://www.ruangguru.com/ruangbelajar

Instagram Ruangguru: https://www.instagram.com/ruangguru

Youtube Ruangguru: https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig

Blog Ruangguru: https://ruangguru.com/blog 


Comments

back to top