CoWS Coworking Space Lampung, Tempat Kerja Nyaman Bagi Digital Nomad


Banyak orang mungkin masih belum familier dengan istilah digital nomad. Digital nomad biasanya memutuskan bekerja lepas dan memanfaatkan teknologi, serta tidak terikat waktu dan tempat. Beberapa pekerjaan yang termasuk dalam digital nomad misalnya:

1. Freelancer atau pekerja lepas seperti penulis lepas, pembuat konten, dan admin medsos.
2. Entrepreneur atau pengusaha yang mengelola usaha dan stafnya secara online.
3. Profesional yang bekerja mandiri seperti akuntan, analis dan konsultan bisnis.
4. Orang yang memanfaatkan dunia digital untuk berkarya seperti Youtuber, influencer, dan blogger.
5. Orang yang menjual produk digital seperti website dan ebook.

Trus saya masuk ke yang mana? Coba tebak deh ya, he he. 


Coworking space cocok untuk para digital nomad.

Menjadi digital nomad memang tidak mengharuskan saya untuk memakai baju seragam, datang ke kantor, pergi pagi dan pulang sore. Pekerjaanpun sebagian bisa dilakukan di rumah. Tapi justru di situlah tantangan terbesarnya. Meski tidak punya ‘atasan’, tapi tetap ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu. 

Tantangannya adalah bagaimana bisa mengelola waktu dengan baik untuk menyelesaikan pekerjaan di ranah domestik dan di ranah publik. Karena bekerja di rumah itu seringkali lebih banyak hal yang menjadi pengalih perhatian. Mulai dari diajak main anak hingga godaan mengintip medsos he he. Salah satu solusi adalah dengan membuat kandang waktu khusus, di luar waktu untuk pekerjaan domestik dan bermain dengan anak. 

Tak dipungkiri ya kadang-kadang butuh suasana kerja yang baru. Tidak hanya di rumah melulu. Bagaimana kalau di café atau fast food resto? Saya pernah beberapa kali mencoba menyelesaikan pekerjaan di café. Meski ada yang menawarkan koneksi internet, tapi nggak dipungkiri bekerja di café kadang ada batasannya ya.

Tempat yang nyaman untuk bertukar ide antar sesama penulis.

Pertama yang namanya café memang kebanyakan pengunjung datang untuk ngobrol sambil menikmati hidangannya. Tujuannya lebih ke leisure activity atau rekreasi. Terkadang nggak semua café punya kecepatan internet yang memadai untuk bekerja.

Kerja di fast food resto? Wah apalagi ini ya, kalau di restoran orang-orang kan datang untuk makan. Nggak kondusif lah untuk bekerja. Terutama kalau di jam ramai. Baik di restoran ataupun café kok rasanya kurang enak duduk berjam-jam untuk bekerja walau sudah pesan makanan dan minuman. Biar gantian dengan pengunjung lain gitu… 

Para digital nomad bisa memanfaatkan coworking space seperti CoWS Coworking Space Lampung. Tempat ini bisa membuat saya merasa kerja di kantor yang nyaman dengan internet yang kencang. Tapi di sisi lain biaya ‘sewa kantor’nya juga terjangkau.

Istilah coworking bisa jadi masih asing di telinga sebagian orang. Coworking space adalah tempat yang digunakan untuk bekerja, di mana dalam satu tempat ada berbagai orang, komunitas, atau perusahaan. 


Suasana kerja yang nyaman bagi para freelancer.

Jadi di sebuah coworking space bisa saja ada beberapa freelancer seperti saya yang menggunakan ruangannya bersama-sama. Bisa jadi ada pengusaha yang sedang bertemu dengan kliennya. Atau ada beberapa orang dari komunitas yang sedang membahas program kerjanya. Intinya sih pakai ruangan kantor bareng-bareng. 

Tapi coworking space ini nggak hanya cocok untuk digital nomad dong. Buat pekerja kantoran yang ingin kerja lembur dengan suasana kantor yang beda. Supaya lebih fokus dan cepat membereskan lemburannya ketimbang membawa pulang kerjaan ke rumah.

Coworking space ini juga bisa dimanfaatkan untuk mahasiswa yang punya seabrek tugas dan butuh tempat yang lebih nyaman, tenang, dan punya koneksi internet yang oke. Apalagi sekarang mahasiswa kreatif sekali dan banyak yang kuliah sambil kerja atau membuka usaha.

Coworking space dengan suasana dan menu ala cafe.

Tapi jangan bayangkan suasana tempatnya kaku sekali ya. Seperti di CoWS Coworking Space Lampung ini, suasananya asyik banget kan. Nyaman dan bikin betah kerja. Fasilitasnya ala kantor, tapi ambiencenya ala café. Apalagi kelebihan CoWS Coworking Space Lampung ini?

1. Lokasi Strategis 


Coworking space di Lampung ini terletak di Jalan Teuku Umar No. 28, Tanjung Karang, Bandar Lampung. Pasti mudah deh menemukan lokasinya karena terletak di pusat kota Bandar Lampung. Untuk menuju ke sini pegunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, dan juga angkot. Patokannya kurang lebih di sebrang kantor KAI dan toko Duta Square. 

2.  Fee Entry Terjangkau


Saat mendengar kata ‘sewa kantor’ jangan-jangan ada yang ketar-ketir duluan nih. Takut biaya sewanya mahal. Ternyata fee entry CoWS terjangkau banget lho. Hanya Rp 20.000 per orang dan tanpa batasan waktu. Pengunjungpun dapat secangkir teh atau kopi, ditemani kue kering cokelat dan kacang mete yang enak dan renyah. Cookies yang yummy ini dipanggang sendiri dengan resep rahasia dari CoWS dan dibuat pada hari yang sama, jadi selalu fresh.


3. Koneksi Internet Kencang 


Freelancer biasanya butuh koneksi internet dalam bekerja. Termasuk saya nih apalagi kalau harus mengunggah foto berukuran besar dalam jumlah yang lumayan banyak. Kadang juga butuh internet untuk mengunggah video ke Youtube. Kalau internetnya lelet, kerjaan terhambat dong. Tapi di CoWS internetnya kencang, lho.

4. Tersedia Fasilitas Lain Seperti di Kantor


Butuh peralatan seperti printer, scanner, flip chart, proyektor dan layar, sampai kertas, pulpen, whiteboard, dan spidol? Kita juga bisa pakai kok. Bahkan kalau mau pakai ruang meeting khususpun bisa. Ruang meetingnya bisa kita sewa dengan tarif mulai dari Rp 120.000 per ruangan. Sewa proyektor dan layar mulai dari Rp 100.000 dan biaya print mulai dari Rp 500 saja per lembarnya.


5. Toilet Bersih dan Mushola Luas 


Sedang asyik kerja dan nggak kerasa tiba-tiba adzan sudah terdengar? Kita bisa langsung sholat di mushola yang tersedia. Tempatnya luas, bersih, dan super adem. Bagi yang perempuan tak usah khawatir auratnya terlihat saat wudhu, karena ada tempat wudhu terpisah dan tertutup bagi Muslimah. Selain itu toiletnyapun bersih dan dingin karena dilengkapi dengan AC. 

7. Pilihan Menu Bervariasi 


Kelaparan setelah bekerja sekian lama? Jangan membawa makanan atau minuman dari luar ya. Nggak perlu khawatir karena CoWS menyediakan berbagai menu makanan dan minuman untuk dipesan. Kalau merasa menunya kurang berat, kita juga boleh memesan menu dari Restoran Karimata yang ada di lantai 2. FYI, Restoran Karimata Lampung dan CoWS Coworking Space Lampung memang satu pengelola dan berada di lokasi yang sama, hanya berbeda lantai saja.


Salah satu menu pilihan di CoWS Coworking Space.

8. Pelayanan Staf yang Baik 


Selain fasilitas dan menunya, ada hal lain lagi yang nggak kalah penting. Apalagi kalau bukan servis dari stafnya. Beberapa kali berkunjung ke CoWS alhamdulillah selalu disambut dengan baik, ramah, dan stafnya juga helpful. Termasuk saat menjelaskan konsep dari CoWS Coworking Space ini.


Coworking space mungkin sesuatu yang masih relatif baru di Lampung, khususnya kota Bandar Lampung. Namun sebenarnya di kota-kota besar coworking space sudah menjamur dan banyak dimanfaatkan oleh para digital nomad.

Tidak hanya bisa memanfaatkan ‘kantor’ dengan fasilitas memadai namun suasana yang lebih nyaman, bekerja di coworking space juga bisa membuka peluang bertemu dengan sesama digital nomad dari berbagai latar belakang. Bahkan tidak mungkin akan membuka kesempatan untuk berjejaring dan bekerjasama. 

CoWS Coworking Space Lampung
Jalan Teukur Umar No. 28, Tanjung Karang, Bandar Lampung (lantai 1 Restoran Karimata).
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Instagram: @cowscafeid
20 comments on "CoWS Coworking Space Lampung, Tempat Kerja Nyaman Bagi Digital Nomad "
  1. Aku jadi pingiiin ngantor di coworking space. Wifi kenceng, murah, nyaman dan ada makanan lagi

    ReplyDelete
  2. Sekarang di kota-kota besar menjamur ya coworking space kyk gini.

    Kapan hari itu saya baca ada di Makassar

    Asyik, ya, mak. Tempatnya khusus buat kerja jd mendukung bgt.

    ReplyDelete
  3. Sekarang banyak coworking space yang menawarkan jasa sewa ruangan lengkap dengan fasilitasnya. Kita tinggal pilih yang sesuai budget dan kebutuhan ya mbak. Memang biasanya pekerja lepas macam blogger, youtuber atau freelancer biasanya suka menyewa coworking space ini untuk menyelesaikan pekerjaannya, kumpul bareng atau mengadakan acara gathering dan mengundang narasumber.

    ReplyDelete
  4. Kalau lagi ada deadline nulis, sepertinya emang enak melipir ke coworking space ini ya. Fasilitas internet, camilan, dan lainnya komplit.

    ReplyDelete
  5. o Working space sekarang menjaai semacam kebutuhan utama buaat nulis ya, karena spscenya enak, fasilitas wifi dan listrik yang memaddai ada di sana.

    ReplyDelete
  6. Ulalaa..tampak sangat nyaman ya utk bekerja.. Ide2 pasti mengalir deras deh di sini. Mana sewanya terjangkau pula.. mantaab deh CoWS

    ReplyDelete
  7. Sekali-kali memang perlu kerja di luar rumah seperti di co working,ya ... biar ganti suasana dan lebih fresh.

    ReplyDelete
  8. Supaya gak bosen, kerja di tempat-tempat yang itu-itu aja, kayaknya co working space bisa dijadikan tempat alternatif untuk kerja ya...

    ReplyDelete
  9. Aku taunya nomaden Mbaa, haha. Ternyata ada istilah nomad juga ya. Eh btw coworknya menarik juga ya, sayang jauh dari sini. Tapi aku mau rekomenin buat adekku yg tinggal di Lampung deh :)

    ReplyDelete
  10. Co working gini emang jadi pilihan para pekerja yang ga punya kantor kaya aku hehe. Btw kok aku penasaran ya sama ruangan-ruangan co working disana, apa ada sudut2 yang instagramable kah? Hehe.

    ReplyDelete
  11. Iya, kak...
    Lebih khusyu kalo kerja di coworking space. Secara gak banyak distaksinya, gak kaya kalo di resto kan...

    ReplyDelete
  12. jadi pengen ke sini lagi kalau siang pasti makin seru lihat spot kecenya ya. Semoga ada kesempatan deh rapat di sini.

    ReplyDelete
  13. Ini bisa jadi tempat meeting point untuk masyarakat luar lampung yang hendak mengunjungi lampung ya.. jadi bisa duduk santai sambil kerja kerja manjah disini ya.. seneng banget akutuh kalo semakin banyak daerah yang ada coworking space seperti ini.. jadi ada tempat kumpul yang seru dan tentunya nyaman

    ReplyDelete
  14. Zaman makin canggih. Co working spacenya luar biasa keren-keren dan fasilitas lengkap. Bikin tambah betah ya...

    ReplyDelete
  15. Wow fee entrynya terjangkau banget ya mba, saya yakin deh banyak yang betah berlama2 nongkrong di co-work ini termasuk para blogger hihi

    ReplyDelete
  16. Dulu pernah sewa co working space juga. Suasananya beda banget dengan di cafe. Bisa lebih fokus karena orang-orang juga fokus dengan gadget masing-masing.

    ReplyDelete
  17. Mbakkk murah banget fee entry-nya. Trus fasilitasnya lengkap dan bagus banget. Wihhh aku juga pengen dong ngeblog di Co-working space kayak gitu. Tapi sayangnya aku belum bisa leluasa keluar rumah ninggalin krucils. Hehehe.

    ReplyDelete
  18. Lagi menjamur usaha Co Working Space ini, di bandung pun udah buanyaaak banget. Pernah pake kantor/ meeting di co working ini, emang nyaman banget sesuai dengn harga dah

    ReplyDelete
  19. bisnis co working utk saat ini spertinya emang worth it ya mba

    ReplyDelete
  20. wah nyaman dan kulinernay yahud , bakal betah kerja di sana

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9