6 Program Unggulan KORINDO untuk Membantu Perekonomian di Daerah Perbatasan Papua

6 Program Unggulan KORINDO untuk Membantu Perekonomian di Daerah Perbatasan Papua

Daerah perbatasan seringkali memiliki citra sebagai daerah yang masih tertinggal. Definisi daerah tertinggal sendiri adalah daerah yang memiliki indikator sosial-ekonomi yang lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional. Beberapa indikator yang dimaksud misalnya minimnya sarana dan prasarana serta rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi. 

Per tahun 2017, ada 17.000 daerah (desa) yang menjadi prioritas sasaran pembangunan desa, pembangnan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Per akhir Desember 2018, jumlah daerah tertinggal berkurang menjadi 6.518 desa. Meski begitu, masih banyak daerah tertinggal di wilayah Kalimantan, Maluku, dan Papua. Salah satu faktor yang menjadi tantangan adalah karena letak dan kondisi geografis Papua yang lebih sulit dicapai.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengurangi jumlah daerah tertinggal adalah dengan mengajak pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah perbatasan seperti Papua. KORINDO adalah salah satu contoh kesuksesan dalam membangun investasi yang kondusif di Papua, tepatnya di daerah Boven Digoel dan Merauke.

Profil KORINDO


KORINDO didirikan tahun 1969 dan telah beroperasi selama 48 tahun. Perusahaan Indonesia ini awalnya memiliki fokus utama di bidang pengembangan hardwood dan pada tahun 1979 beralih ke plywood/veneer. Tahun 1984 KORINDO menempatkan fokusnya ke kertas koran pada tahun 1984 dan perkebunan kayu pada tahun 1993. Terakhir di tahun 1995 KORINDO fokus pada perkebunan kelapa sawit.


Beberapa prestasi KORINDO di antaranya adalah berhasil memasok kertas koran untuk kebutuhan domestik di mana sebelumnya industri kertas koran sangat bergantung pada kertas koran impor. Lewat usahanya KORINDO juga berhasil mengembangkan industri ramah lingkungan dan berkomitmen mengembangkan usaha di wilayah tertinggal serta membantu perekonomian termasuk di daerah perbatasan seperti di Kabupaten Boven Digoel dan Merauke, Papua. 

Kabupaten Boven Digoel dan Merauke


Di Papua, KORINDO memiliki distrik bisnis utama di daerah Asiki. Asiki merupakan salah satu daerah di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Boven Digoel sendiri merupakan pemekaran dari Kabupaten Merauke. Sementara Kabupaten Merauke sendiri adalah kabupaten terluas dan paling timur di Indonesia. Baik Boven Digoel dan Merauke sama-sama merupakan wilayah perbatasan dengan Papua Nugini.  

Seperti daerah lain di Indonesia, pemerintah kedua kabupaten inipun berharap daerahnya bisa sejahtera sekaligus memiliki daya saing. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan sektor padat karya yang bisa meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup masyarakat. Selain itu dengan kondisi masyarakat yang memiliki aneka ragam budaya dan agama, pemerintah berharap kehidupan masyarakat bisa berjalan dengan rukun dan damai sehingga pembangunan lebih mudah dilaksanakan. 

Program KORINDO untuk Membantu Perekonomian di Perbatasan Papua


Adanya investasi di daerah perbatasan seperti Boven Digoel dan Merauke ikut membantu meningkatkan perekonomian serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah tersebut. KORINDO sukses berkontribusi untuk perekonomian dengan mengembangkan konsep industri di bidang kehutanan dan perkebunan kelapa sawit yang ramah lingkungan di Papua. Salah satu kontribusi KORINDO adalah menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 10.000 orang tenaga kerja.

Selain itu KORINDO juga berkomitmen untuk membangun masyarakat di Papua lewat berbagai program Corporate Social Contribution (CSC/CSR). Ada 6 program unggulan yang telah dijalankan KORINDO untuk membantu perekonomian di Papua.

1. Memberikan Bantuan Bisnis Secara Langsung


Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah. Lewat program ini diharapkan masyarakat akan menjadi lebih produktif mengelola berbagai bisnis. Contohnya seperti bisnis ternak sapi, unggas, dan ikan. Selain itu ada juga bantuan bisnis perkebunan karet, minyak kelapa sawit, serta kepemilikan kios dan ruko. Dengan bantuan secara langsung ini pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan diharapkan bisa meningkat dan berkelanjutan.


2. Membina Mama-Mama Papua untuk Melakukan Budidaya Sayuran


Kecukupan pangan sangatlah penting bagi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Karena itu KORINDO menggerakkan para mama (sebutan ibu di Papua) untuk menanam aneka sayuran. Tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sayur-mayur keluarga, program ini diharapkan juga bisa membantu perekonomian.


KORINDO membantu memberikan bibit sayur serta pembinaan budidaya sayur kepada para ibu secara langsung. Usaha ini telah membuahkan hasil. Lahan yang digarap sejak Agustus 2018 telah dipanen perdana pada awal September 2018. Aneka sayur yang ditanam di antaranya adalah jagung manis, kangung, terong, sawi, dan bayam.

3. Membantu Petani Menggarap Sawah di Papua 


Selain membina para ibu untuk melakukan budidaya sayur, KORINDO juga membina petani Papua. Caranya adalah dengan menyediakan sebagian lahan perkebunan untuk diolah menjadi sawah oleh penduduk setempat. Selain lahan, KORINDO juga memberikan bantuan berupa alat-alat pertanian dan pupuk. Dengan adanya sawah diharapkan kebutuhan pangan akan tercukupi karena ada pusat produksi pangan di daerah.


4. Membangun Jembatan untuk Masyarakat Pedalaman


Di daerah perbatasan terutama di daerah pedalaman, prasarana sangatlah penting dalam usaha memajukan daerah tersebut. Ini karena laju perekonomian sangat tergantung pada transportasi dari satu daerah ke daerah lain. Di Desa Prabu-Asiki ada sebuah jembatan kayu yang sudah mulai rusak karena usia. Kondisi jembatan yang tidak layak tentu membahayakan serta menghambat transportasi. Karena itu KORINDO membangun Jembatan Kali Totora menjadi jembatan permanen.


5. Membangun Klinik dan Mobile Service untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat


Kesehatan masyarakat juga tak luput dari kepedulian KORINDO. Ini diwujudkan dengan membangun Klinik Asiki yang didukung dengan tenaga medis profesional serta fasilitas yang cukup modern dan lengkap. Klinik ini telah menyabet titel sebagai klinik terbaik di Papua dan mampu memberikan pelayanan prima kepada 10.000 orang pesertanya meski terletak di daerah pedalaman. Meningkatkan kesehatan akan membantu meningkatkan produktivitas masyarakat.


Selain memberikan layanan kesehatan di Klinik Asiki, KORINDO juga memiliki program Mobile Service ke desa-desa terpencil di sekitar Boven Digoel. Dalam kegiatannya, Mobile Service dari Klinik Asiki ini bekerja sama dengan puskesmas. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil serta bayi dan balita di Kabupaten Boven Digoel.


6. Membangun Tempat Ibadah dan Sekolah


Sebagian besar (76%) penduduk Boven Digoel beragama Katolik serta Kristen Protestan. Sekitar 23% penduduknya bergama Islam. Meski di kabupaten ini khususnya di Asiki didominasi oleh warga Katolik dan Kristen namun kehidupan berlangsung dengan harmonis. KORINDO juga ikut membangun masjid yang berkapasitas 1.000 jamaan dan rutin digunakan untuk beribadah. Masjid ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti adanya halaman yang luas, taman untuk bermain anak-anak, hingga sekolah PAUD dan madrasah.


Padmamitra Award


Kepedulian KORINDO ini mendapatkan penghargaan berupa Padmamitra Award untuk kategori Penanganan Keterpencilan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh negara kepada dunia usaha atas perhatian dan kontribusinya kepada kondisi sosial masyarakat. Salah satu unit bisnis KORINDO yaitu PT. Tunas Sawa Erma berhasil meraih penghargaan ini lewat program pelayanan kesehatan masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Meski begitu penghargaan yang tak kalah berarti sesungguhnya datang dari masyarakat yang telah merasakan manfaat program-program dari KORINDO. 

Semoga KORINDO bisa terus bermitra dengan pemerintah dan juga masyarakat untuk membangun daerah perbatasan, sehingga daerah perbatasan bisa mengubah citranya menjadi daerah terdepan yang maju dan memiliki daya saing. 

Referensi:

https://www.korindo.co.id/group-profile/?lang=id 
https://www.korindo.co.id/gallery/bantuan-bisnis-secara-langsung/?lang=id 
https://www.korindo.co.id/korindo-group-bina-mama-mama-papua-budidaya-tanaman-sayuran/?lang=id 
https://www.korindo.co.id/korindo-assists-farmers-manage-farmland-papua/?lang=id 
https://www.korindo.co.id/korindo-asiki-clinic-named-the-best-clinic-in-papua/?lang=id 
https://www.korindo.co.id/gallery/layanan-mobile-service-klinik-asiki/?lang=id
https://www.korindo.co.id/korindo-papua-bangun-jembatan-untuk-masyarakat-pedalaman/?lang=id 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Boven_Digoel 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Merauke
www.bovendigoelkab.go.id/
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/10/133742026/bps-jumlah-desa-tertinggal-berkurang-6518-desa 
www.berdesa.com  

36 comments on "6 Program Unggulan KORINDO untuk Membantu Perekonomian di Daerah Perbatasan Papua"
  1. Setuju banget dengan 6 program unggulan yang diterapkan KORINDO untuk Papua, agar pace mace disana bisa berperan aktif membantu meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Agar masyarakat disana tidak tertinggal dalam segala aspek, termasuk pendidikan dan kesehatan. Agar masyarakat disana mampu tumbuh menjadi masyarakat cerdas yang tidak mudah diadudomba oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali bantuan yang sudah diberikan oleh KORINDO ini ya dan sudah membuahkan hasil. Semoga masyarakat PAPUA semakin maju dan sejahtera. Sukses untuk KORINDO.

    ReplyDelete
  3. KORINDO memberikan kontribusi yang luar biasa untuk masyarakat Papua. Semoga banyak pihak swasta lainnya yang mengikuti jejak KORINDO ini.

    ReplyDelete
  4. Semoga makin banyak perusahaan yang mau peduli dengan kemajuan daerah pelosok seperti Korindo ini yaa.. Pembangunan sekolah, jembatan dan klinik Asiki itu keren banget, salut buat Korindo :)

    ReplyDelete
  5. Luar biasa KORINDO dengan program-programnya. Pastinya saudara-saudara kita di Papua terutama di daerah perbatasan, Boven Digoel dan Merauke, Papua sangat senang dan berterima kasih kepada KORINDO.

    Sukses terus ya KORINDO

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah semoga dengan program2 yg keren ini, kesejahteraan masyarakat Papua semakin meningkat dan tak lagi menjadi daerah tertinggal

    ReplyDelete
  7. WOW, banyak hal yang sudah dilakukan KORINDO untuk saudara-saudara kita di Papua yaa, Mba. Semoga dengan adanya bantuan seperti ini gak terdengar lagi berita-berita memilukan dari sana, amiiin

    ReplyDelete
  8. Korindo tak langsung memberi ikan yaa pada masyarakat pedalaman Papua, melainkan memberi kailnya. Dengan begitu masyarakat di sana bisa lebih mandiri :)

    ReplyDelete
  9. Wah dengan adanya mobile Korindo akan membantu warga yang sakit untuk mendapatkan perawatan yang memadai.

    Tanpa perlu lagi ongkos ongkosan ke klinik.istilahnya jemput bola

    ReplyDelete
  10. thumbs up buat KORINDO.
    saya salut dengan perusahaan yang menyalurkan CSRnya pada program-program yang tepat sasaran.
    semoga KORINDO makin banyak programnya ya...

    ReplyDelete
  11. bagus sekali ya program dari Korindo ini semoga saja bisa cepat terwujud perekonomian yang maju di Papua :D semoga di daerah-daerah tertinggal lainnya juga ada :D

    ReplyDelete
  12. baca soal Korindo aku lgs teringat kalau lewat jalan tol dalam kota di Jakarta, di flyover Pancoran itu gedung Korindo berada :)
    Bentuk CSRnya KOrindo bagusn juga ya membantu pereonomian daerah terpencil. Semoga makin banyak daeah tertinggal yang dibantu juga oleh Korindo

    ReplyDelete
  13. Masyaallah Korindo, sukses selalu. Semoga adanya Korindo ini menjadikan papua lebih maju dan masyarakat disana dapat merasakan apa yang masyarakat Jakarta rasakan

    ReplyDelete
  14. Seperti ini yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan yg bertempat di daerah2 terpencik membantu masyarakat agar tercipta hubungan yg baik dan saling menguntungkan

    ReplyDelete
  15. keren-keren mbk program unggulan dari korindo smeoga lancar jaya dan bisa membantu perekonomian disana

    ReplyDelete
  16. Great job, Korindo! I am happy to know that there are so many stakeholders paying huge attention to the development in Papua. I sincerely hope it will bring all the good things to the people down there

    ReplyDelete
  17. Salut dengan semua program Korindo. Semoga masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan bisa lebih mandiri dan hidup makmur ya...

    ReplyDelete
  18. Temenku ada yg ditempatkan di Papua. Cukup sering mendengar berita dan kondisi dari tanah Papua, yang sebetulnya indah tapi kadang temenku ni kekurangan air untuk mandi. Semoga dengan adanya program ini, masyarakat di Papua makin maju dalam segala bidang y

    ReplyDelete
  19. Menarik sekali ya program2nya. Semoga semua bisa berjalan lancar dan menyejahterakan rakyat

    ReplyDelete
  20. Sepintas baca Korindo kupikir Sindo hihi. Bagus dan menarik juga baca profil Korindo ini. Semoga daerah-daerah tertinggal, pebatasan Indonesia, dan daerah terpencil lainnya mendapatkan perhatian dari semua pihak ya, sehingga penduduknya bisa mengecap kesejahteraan hidup. Amiin :)

    ReplyDelete
  21. Wah keren nih programnya di Papua. Aku pengen suatu saat bisa menjejakkan kaki ke Papua.

    ReplyDelete
  22. Mulia sekali misi Korindo ini ya, membantu masyarakat di daerah tertinggal agar berdaya dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga

    ReplyDelete
  23. Bagus nih kontribusi Korindo untuk masyarakat Papua. Bisa ditiru oleh pihak swasta lainnya yang ingin membantu pemerintah Indonesia mensejahterakan rakyat di daerah terluar dan tertinggal seperti Papua ini.

    ReplyDelete
  24. Awalmya aku kira korindo ini utk kesehatan saja. Ternyata semuanya ya sampe ke budidaya sayuran juga

    ReplyDelete
  25. Programnya sangat bagus ya, saya sangat mengapreaiasi dengan adanya program ini, semoga saya di pedalaman daerah lainnya juga diadakan program ini.

    ReplyDelete
  26. Semoga dengan semakin menggeliatnya KORINDO ini daerah perbatasan semakin maju ya, Mbak.. aamiin YRA

    ReplyDelete
  27. Mantap sekali programnya ya mba :) pantas dapat penghargaan juga apalagi memberdayakan masayarakat di Papua yang tertinggal dari pemberdayaan masyarakatnya budidaya hingga ada klinik dibangun di sana :) semoga bisa diikuti oleh lainnya punya program keren seperti Korindo

    ReplyDelete
  28. Mantap nih program KORINDO di Bouven Digul. Semoga perhatian pemerintah (membantu perekenomian) saudara2 kita di Papua terutama di daerah2 3T sana juga bisa lebih daripada itu ya.

    ReplyDelete
  29. wah banyak sekali kontribusi KORINDO untuk penduduk setempat ya, semoga dengan demikian daerah Boven Digoel dan sekitarnya semakin maju, dan mampu berswasembada untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya..

    ReplyDelete
  30. ngomongin daerah perbatasan saya juga tinggal diperbatasan mbak. hehehe perbatasan dgn singapore dan malaysia. tapi program untuk daerah perbatasan yg terpencil memang luar biasa bgt harus selalu diaktifkan gak sekedar pas laucnhing aja

    ReplyDelete
  31. Bagus ya program Korindo, pantas saja jika mendapatkan padmamitra award memang programnya manfaat dan berguna untuk masyarakat pedalaman

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, pembangunan sarana Ibadah dan Sekolah juga masuk dalam program KORINDO yaah.
    semoga di daerah lain juga bisa tersentuh oleh program KORINDO ini :)

    ReplyDelete
  33. Suka nih baca kegiatan CSR perusahaan seperti KORINDO yang sampai ke pelosok Papua. Semoga sustain ya program-programnya dan memajukan masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  34. Program-programnya bagus banget ya, semoga pembangunan bisa merata di Indonesia

    ReplyDelete
  35. Wah CSR nya Korindo ini bagus banget ya. Semoga terus berkelanjutan sehingga Papua bisa maju.

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah Korindo ini memberikan manfaat yang luar biasa ya programnya Mba. Nggak mikir bisnis aja tapi juga perkembangan di daerahnya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9