Tips Supaya Nggak Mudah Baper dalam Bermedsos


Hari gini siapa sih yang nggak punya medsos? Yah ada si orang-orang yang memilih untuk nggak membuat akun medsos, tapi terasa banget kan peningkatan jumlah pengguna medsos. Kalau dulu di medsos paling 'ketemu' dengan teman-teman kerja atau kuliah aja. Sekarang ada akun keponakan, om, tante, ayah, ibu, bahkan kakek dan nenek ada difriendlist hi hi. 


Friendster

Perkenalan pertama saya dengan medsos adalah dengan Friendster. Kabarnya sekarang Friendster ini sudah berubah jadi situs permainan sosial. Sayapun nggak ngerti deh yang kayak gimana. Soalnya ntah sejak kapan udah nggak pernah login di situs yang sering disebut kakeknya medsos ini. 

Facebook

Yah sebenarnya kalau dipikir-pikir, saya berhenti main Friendster karena punya akun Facebook sih. Kira-kira tahun 2008. Waktu itu sih rata-rata semua teman di friendlist pakai nama asli, nggak ada yang pakai nama alay. Status-status di temlen juga kebanyakan receh menghibur atau serius mencerahkan. Kalau sekarang kan ada yang, yah gitulah ya ha ha. 

Twitter

Trus karena terkena virus KPop saya jadi kecantol sama Twitter. Inget ikut project trending topic bareng sesama KPoppers dari fandom yang sama. Kalau hari Jumat saling promote akun Twitter, tapi kebanyakan bareng sesama fans Liverpool. Yah intinya mah Twitter itu buat fangirling, atau buat curcol he he. 

Kalau sekarang? Twitter lebih banyak dipakai untuk urusan pekerjaan sih. Atau sharing-sharing link blog. 

Instagram 

Saya inget pas awal-awal Instagram dirilis untuk Android, beberapa pengguna iPhone misuh-misuh. Soalnya dianggap foto-foto orang-orang yang hapenya Android itu nggak sekeren foto orang yang pake iPhone hi hi. 

Apapun gawai yang dipakai, buat saya Instagram itu cocok untuk orang visual seperti saya. Sampai ada beberapa akun Instagram, tapi dua yang utama @henipuspita29 dan @letsplayandlearn. 

Tips Bermedsos Ala Mama 2R

Sebenarnya lebih ke pengingat diri sendiri sih, gimana caranya supaya tetap waras bermedsos he he. 

1. Lebih banyak share hal yang positif. 

Pernah liat status orang yang isinya ngamuk-ngamuk, ngejek-ngejek, tebar hoax? Gimana tanggapannya? Bisa cuek aja? Alhamdulillah. Tapi kalau saya lebih memilih unfollow aja atau hide statusnya. Dan sayapun jadi punya patokan yang sama, nggak mau ah sebar-sebar hal negatif apalagi hoax. Sayang kalau akun sendiri diisi oleh status-status negatif. 

2. Jangan Gampang Baper

Liat orang upload foto... Baper, baca status orang... Baper. Pokoknya dikit-dikit baper, dikit-dikit baper deh. Baper kok dikit-dikit. Sekalian aja tutup akun medsosnya he he. Soalnya kalau apapun yang dishare teman di medsos (yang bukan status negatif dan hoax) bikin kita baper, ya mungkin memang kita belum siap punya medsos. 

3. Nggak Semua Situs Itu Valid Beritanya

Sekarang tu jamannya apa-apa viral. Apaaa aja disebarin sampai kadang nggak bisa milih lagi, yang disebarkan itu benar atau hoax. Alasannya karena infonya dari situs A, B, C, dsb. Padahal mah ya ga semua situs yang akhirannya .com itu artinya valid isinya. Jadi jangan mudah share berita di medsos kalau nggak valid kebenarannya.

4. Jangan Habiskan Waktu dan Energi untuk Jadi Haters

Dari dulu heran low sama orang-orang yang mendedikasikan waktu, energi, pikiran, dan medsosnya untuk jadi haters orang atau kelompok tertentu.

Jaman dulu siy saya taunya cuma haters artis KPop ha ha. Sekarang haters KPop masih ada, tapi banyak juga haters lain seperti haters di dunia politik hi hi. Dicari-cari kesalahannya, disebar-sebarkan, bahkan sampai bikin situs khusus yang isinya menjelek-jelekkan pihak tertentu, ya macam member di situs hatersnya SNSD wkwkwkwk. 

Apa nggak capek yaaa? 
1 comment on "Tips Supaya Nggak Mudah Baper dalam Bermedsos"
  1. Wah saya gampang baper mba apalagi klo foto jalan2 ke luar negeri baperr bgt heheh, btw secara tak sengaja foto judul kita samaan ya mba tp temanya aja yg beda hehe.peace v

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9