Saturday, September 30, 2017

Berwisata ke Tana Toraja, Jangan Lewatkan Destinasi Berikut Ini

Dari berbagai tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan, Tana Toraja adalah kawasan yang nggak boleh dilewatkan. Tempat ini punya banyak lokasi indah dan juga budaya yang masih dijaga sampai sekarang.

Sudah punya rencana ke Toraja tapi belum tahu mau main ke mana? Coba cek beberapa destinasi berikut ini yang sayang untuk dilewatkan.

Tuesday, September 26, 2017

Resep MPASI 6 Bulan Homemade


Masih mau sharing-sharing seputar MPASI ya biar Mama 2R juga lebih semangat masak untuk Baby Razqa. Setelah di postingan sebelumnya saya menulis tentang contoh Jadwal MPASI 6 Bulan (Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan), kali ini saya mau membagikan beberapa Resep MPASI 6 Bulan Homemade. Rumus resepnya sih mudah, yang penting ada karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur/buah, dan tambahan lemak. Menu ini disebut menu 4 bintang. Lebih jelasnya baca postingan Tips dan Trik Membuat MPASI Sehat, Mudah, dan MengGIMbirakan ya.

Jadwal MPASI 6 Bulan (Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan)


Waktu baby Razqa mulai MP-ASI ada beberapa teman yang japri nanya-nanya ini dan itu seputar perMPASIan. Bukan karena saya lebih jago ini mah. Kebetulan aja si Razqa duluan mamamnya dibanding temen-temennya. Perjalanan MPASInyapun bukan tanpa drama-drama wkwkwk. Namanya motherhood si ada ajalah ya tantangannya. Tetap semangat ya, Moooms! Tapi pengalaman jatuh bangunnya (mendadak dangdut) Mama 2R masak MPASI dan ngasi makan ke Razqa semoga bisa bermanfaat untuk para Mommies. Salah satu hal yang ingin saya bagikan adalah contoh Jadwal MPASI 6 Bulan (Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan)

Monday, September 25, 2017

Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Catat Berbagai Kebutuhannya Berikut Ini


Moms, apakah saat ini ada yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati? Sudah ada persiapan apa aja nih? Kalau belanja ke toko perlengkapan bayi baru lahir, para ibu biasanya bakal lapar mata nih, apalagi ibu baru. Barang-barang yang nggak ada dalam daftar belanjaan eh dibeli juga. Sama kok, saya juga gitu  hi hi. Nggak cuma kalau belanja di toko offline aja, lagi lihat-lihat di toko onlinepun begitu. 

Thursday, September 21, 2017

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘sayang nasinya’. Gerakan ini dicetuskan dalam event d’Youthizen di kota Yogyakarta. Dari tulisan Mak Siti Hairul Dayah di KEB saya pertama kali mengenal adanya gerakan yang berawal dari keprihatinan banyak dari kita yang masih menyisakan atau membuang makanan. Padahal masih banyak saudara-saudara kita di Indonesia yang sering kelaparan.

Thursday, September 14, 2017

5 Mainan Edukatif untuk Bayi 0-12 Bulan


Adik bayi meski masih imut-imut juga perlu mainan edukatif lho. Untuk apa? Ya untuk menstimulasi kecerdasannya. Mainan seperti apa ya yang cocok untuk bayi usia 0-12 bulan?

Wednesday, September 13, 2017

Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira

Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira

Suatu hari di Chandra Dept. Store Tanjung Karang, saya melihat lemari pendingin berisi deretan botol susu yang merknya baru bagi saya. Atau saya aja nih yang kudet? Soalnya memang sudah cukup lama nggak main ke sana ha ha. Di dekatnya ada mbak-mbak yang memegang nampan berisi gelas-gelas kecil. Tebak apa isinya? Sirup? Ya bukanlaaaah. Isinya susu cair putih. Terus terang awalnya saya nggak begitu tertarik. Yah paling susu UHT. Sudah sering minum, paling ya rasanya sama aja. Mlipir… Hi hi…

Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Apa Bedanya?

Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Apa Bedanya?
Pic: Pixabay

Karena bentuknya sama-sama cair, susu pasteurisasi dan susu UHT terlihat serupa tapi tak sama. Mau tau bedanya? Gampang banget! Baca aja keterangan di kemasannya, yang satu tulisannya susu pasteurisasi, yang satu susu UHT. Kelar he he he.

Yeeeee, itu sih anak kecil juga tau. Etapi biar gampang begini ada juga lho yang selip nggak cermat baca info. Contohnya saya #ups. Yang mau saya bahas di sini adalah perbedaan selain beda label. Misalnya dari segi nutrisi dan proses pengolahan. Oke deh, kita bahas singkat aja susu per susu, eh satu per satu.

Tuesday, September 12, 2017

Flash Blogging: Belajar Ngeblog Sambil Meningkatkan Kesadaran Mencegah Stunting Pada Anak


Hari Selasa 12 September ini biasanya kegiatan saya ya tak jauh-jauh dari urusan memasak dan bermain dengan Razqa sambil menunggu Rayyaan pulang sekolah. Namun pagi ini ada yang beda. Sejak beberapa hari lalu saya sudah minta izin dengan suami untuk mengikuti acara yang spesial banget. Acara apa tuuuh? 

Acara Flash Blogging yang diadakan Dinas Kominfo Provinsi Lampung dan Ditjen Informasi & Komunikasi Publik. Selain temanya yang menarik yaitu berhubungan dengan gizi anak, juga karena ada sesi tips ngeblognya. Dan tebak siapa pemateri untuk sesi ngeblog? The one and only Mbak Mira Sahid founder KEB (Kumpulan Emak Blogger). Waah, saya nggak mau dong melewatkan kesempatan emas ini. Bersama rekan-rekan Tapis Blogger langsung deh berangkat pagi-pagi ke Hotel Novotel Lampung.

Friday, September 8, 2017

Kulit Bayi Halus, Lembut, dan Sehat dengan Perawatan yang Tepat


“Babies are like little sun that, in a magical way, bring warmth, happiness and light into or lives.” – Kartini Diapari-Oengider.

Ingat nggak Mom saat pertama kali melihat dan menyentuh si kecil yang baru lahir? Terharu sekaligus gemas ya. Selain imut-imut, bayi kulitnya halus dan lembut membuat kita selalu ingin memeluk mereka. Sayapun merasa seperti itu saat Rayyaan dan Razqa lahir.

Sayangnya perubahan cuaca pernah membuat kulit Rayyaan kering dan kasar saat ia masih 10 bulan. Nggak hanya itu, Rayyaan juga pernah terkena ruam popok. Kulit di lipatan pahanya jadi merah dan terlihat sangat sensitif. Berkaca dari pengalaman, saya ingin lebih ekstra menjaga kulit anak-anak terutama Razqa yang masih bayi.