Sunday, June 18, 2017

Baju Muslim Terkena Noda Makanan dan Minuman? Lakukan Cara Ini untuk Membersihkannya


Tak terasa Ramadhan akan segera berakhir dan tinggal hitungan hari menuju Idul Fitri. Ada rasa sedih kala harus berpisah dengan Ramadhan tapi ada suka cita juga menyambut Hari Raya. Yang paling ditunggu-tunggu tentu momen bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, tetangga, dan sahabat. Sambil bercengkrama dan menyantap berbagai sajian seperti ketupat, rendang, opor, serta aneka kue dan minuman. Hmm… Lezat!

Kadang kita tidak sadar kalau baju muslim yang kita pakai terkena noda makanan dan minuman tersebut. Tidak hanya baju kita, baju anak-anak juga sering terkena noda makanan dan minuman. Wah sayang juga ya kalau bajunya baru he he. Jadi meski makanan dan minumannya enak-enak, harus tetap berhati-hati deh saat makan atau minum. Tapi bagaimana ya kalau bajunya terlanjur terkena noda misalnya tetesan saus?

Tidak perlu khawatir, ada beberapa tips dan trik nih yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda makanan dan minuman dari pakaian:

1. Saus

Untuk membersihkan tetesan saus kita bisa membilas baju dengan air mengalir, bersihkan nodanya dengan cuka masak. Campur deterjen dengan sedikit air, oleskan pada noda saus, diamkan 15 menit lalu kucek dan cuci baju seperti biasa.

Pic: Pixabay.com

2. Minyak 

Bagaimana kalau baju kita terkena rendang yang berminyak? Jangan buru-buru membesutnya dengan air. Taburkan bedak bayi, tepung terigu, atau tepung maizena pada kedua sisi bagian yang terkena noda dan diamkan selama 30 menit lalu goyangkan baju hingga sisa bedak atau tepungnya lepas. Noda minyak akan menghilang atau memudar. Di rumah kita bisa mencuci nodanya dengan deterjen dan membilasnya dengan air panas.

3. Kecap

Serap tetesan kecap dengan tisu hingga kering. Lalu dengan kapas atau spons, bersihkan noda dengan cuka masak. Kemudian cuci baju seperti biasa.

Pic: Pixabay.com

4. Teh dan Kopi

Cuci noda teh dan kopi dengan campuran cuka masak dan air (1:2). Jika masih ada noda tersisa, oles dengan deterjen yang dicampur sedikit air, diamkan 15 menit lalu cuci baju seperti biasa.

5. Jus dan Sirup

Untuk membersihkan noda jus dan sirup, siram baju dengan air panas lalu hilangkan noda yang tersisa dengan cuka masak. Selanjutnya rendam baju dalam air dingin sebelum dicuci seperti biasa.

6. Soda 

Rendam baju dalam air selama 30 menit. Oles bagian yang terkena noda dengan campuran deterjen dan sedikit air, diamkan 10 menit dan cuci seperti biasa.

Nah itu dia beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk membersihkan noda makanan dan minuman pada baju. Ingin hunting baju muslim untuk Lebaran? Lihat koleksi baju muslim wanita di ZALORA deh. Selamat menyantap hidangan Hari Raya dengan baju barunya ya!

Pic: Zalora.co.id

6 comments:

  1. Wah, aku pernah nih saat Idul Fitri baju kena noda, hiks... tapi baca ini jadi gak galau lagi, makasih ya tipsnya. Kece badai.

    ReplyDelete
  2. tips nomor 2 penting ini, suamiku kan orang bengkel dan tiap pulang pasti bawa oleh2 baju belepotan minyak oli dll

    ReplyDelete
  3. Ijin nambah dikit bunda. Dari semua tips tersebut, yang paling penting, baju yang terkena noda harus langsung dibersihkan. Kalo tidak nodanya semakin bandel. Itu pengalaman saya sih :)

    ReplyDelete
  4. Boleh dicoba dirumah.. makasih sharingnya.. :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29