Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Bandung Trip Part 1 - Menyusun Rencana Perjalanan

Bandung Trip Part 1 - Menyusun Rencana Perjalanan.

Selasa 22 Desember lalu saya beserta suami dan juga Rayyaan pergi ke Bandung dan sekitarnya untuk liburan selama beberapa hari. Kebetulan suami hanya bisa cuti saat akhir tahun jadi sayang saja kalau tidak dimanfaatkan untuk berlibur. Tapi baru pada minggu kedua bulan Desember kami baru benar-benar serius merencanakan liburan ini, itupun awalnya masih bimbang memilih antara pergi ke Bogor atau ke Bandung. Akhirnya kami memilih untuk pergi ke Bandung. Terutama karena faktor pada saat itu di Bandunglah yang masih banyak tersedia kamar guest house yang murah meriah he he.
Karena kami ingin liburan ini menjadi jalan-jalan edukatif juga untuk Rayyaan, maka beberapa tempatpun dipilih menjadi tujuan wisata kami. Berbekal info dari tulisan dari teman-teman blogger tentang Bandung, akhirnya kami buat semacam rencana perjalanan mulai dari waktu keberangkatan hingga kepulangan. Ya semacam itinerary sederhana deh. Selain itu kami juga mencatat info alamat dan tiket masuk tempat wisata yang ingin dikunjungi. Sampai waktu membeli oleh-oleh juga sudah dijadwalkan he he. Maksudnya sih supaya kami tidak bingung mau ngapain di Bandung, setelah ini mau ke mana, mau makan di mana, dan sebagainya. Ini dia, rencana perjalanan kami ke Bandung

Selasa, 22 Desember 2015

08.00 Berangkat
10.00 Sampai di pelabuhan Bakauheni
11.00 Naik kapal
11.30 Makan siang (membawa bekal)
13.30 Sampai di pelabuhan Merak

07.00 Sarapan di sekitar hotel
08.00 Ke Observatorium Bosscha
10.30 Ke Kebun Strawberry
14.00 Ke tempat wisata lain jika sempat (misal ke De' Ranch, dsb)
17.00 Kembali ke hotel

12.00 Makan siang di Merak, naik kapal
15.00 Sampai di pelabuhan Bakauheni
17.30 Sampai di rumah

Di hari keberangkatan kami sampai di pelabuhan Bakauheni kurang lebih jam 11. Oh iya, kami berangkat dengan membawa serta satu orang driver alias Om supir. Si Om ini juga yang beberapa tahun lalu mengajari saya menyetir dan sering dimintai tolong oleh ayah saya kalau ingin berpergian jarak jauh. Karena membawa balita yang super aktif juga jadi pertimbangan kami membawa driver. Jadi saya bisa menemani Rayyaan di kursi belakang (kalau pakai car seat dan duduk sendirian saja kasihan he he), sementara suami dan Om driver bisa bergantian di depan. Sebelum melakukan perjalanan darat tentu saja mobil harus dicek dulu mulai dari mesin, ban, dan printilan-printilan macam kotak P3K, dongkrak dan sebagainya. Tak lupa kami siapkan juga aplikasi Waze di smartphone sebagai penunjuk jalan saat di Bandung.

Perjalanan ke pelabuhan Bakauheni cukup lancar dan alhamdulillah kami dapat kapal yang ruang tunggunya bagus. Saya baru tau kalau ternyata kita juga bisa memilih mau menaiki kapal yang mana he he. Si Om sengaja memilih kapal yang lebih bagus dan mobil bisa ditempatkan di bagian atas. Kalau tempat parkir mobilnya sudah penuh dan harus ikut nyempil bersama bus atau truk besar, kasihan Rayyaan saat harus keluar masuk mobil. Di ruang tunggu as usual Rayyaan langsung mencari kakak-kakak dan teman sebaya untuk diajak main he he. Kami juga makan siang di atas kapal dengan bekal yang dibawa dari rumah.

Sampai di pelabuhan Merak kamipun melanjutkan perjalanan. Rayyaan yang sudah makan dan capek main akhirnya tertidur. Perjalanan cukup lancar namun setiba di tol di Jakarta perjalananpun tersendat karena saat itu adalah jamnya orang pulang kantor. Kira-kira waktu maghrib kami berhenti sebentar di rest area di kilometer sekian (lupa he he) untuk ke toilet, sholat, makan malam dan mengisi bahan bakar. Rest area juga sudah luar biasa ramai dengan pengunjung yang ingin liburan. Untungnya tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan tempat parkir. Kira-kira jam 10 malam kami memasuki kota Bandung dan sampai di Elenor's Home Guest House di Jalan Prof. Eyckman. Jadi total waktu perjalanan 14 jam, 2 jam lebih lama dibanding waktu perjalanan normal lewat darat.

Alhamdulillah kami bisa mendapatkan tempat menginap yang lokasinya cukup strategis. Kami juga sengaja booking hotel dulu sebelum pergi. Soalnya di akhir tahun biasanya banyak orang pergi ke Bandung dan sekitarnya untuk berlibur. Besar kemungkinan banyak hotel yang sudah keburu penuh kalau kita baru sibuk cari hotel saat di Bandung. Selain itu kita jadi tidak leluasa memilih hotel yang tarifnya lebih terjangkau. Untunglah sekarang banyak aplikasi smartphone yang membantu kita untuk memesan kamar hotel. Kita bisa memilih hotel yang lokasinya strategis, harga terjangkau, tapi bersih, aman, dan nyaman untuk ditempati. Setelah melakukan perjalanan jauh dan jalan-jalan kan maunya istirahat di kasur yang empuk dan kamar yang nyaman ya he he, jadi esok harinya sudah segar lagi dan siap jalan-jalan lagi. Insyaa Allah cerita tentang penginapan dan hotelnya juga akan saya tulis di blog ini.

Comments

1. Wah, Bang Rayyan langsung bobo. Asik ya, jalan2nya

Replies
    1. Iya ^_^ Alhamdulillah dapet penginapan yang nyaman.

Delete
  2. iya kalau akhir tahun pasti rame yang liburan, harus persiapan dari jauh-jauh hari ^^

ReplyDelete
  3. Baru tau kalau di dalam kapal ternyata bisa senyaman itu :)

Replies
    1. Biasanya kita memang manut aja kalau disuruh petugas untuk masuk kapal tertentu he he. Ternyata kita juga bisa milih mau naik kapal yang mana yang paling oke he he.

Delete
  4. Lengkap banget liburan di Bandungnya. Semoga nanti bisa datang dan liburan lagi di Bandung, mba. Jangan lupa melipir ke kabupaten Bandung, lokasi wisatanya juga bagus dan edukatif kok. :D

Salam kenal, mba. :)

Replies
    1. Iya nih ^_^ maunya bisa mampir ke lebih banyak tempat lagi nggak hanya di kota Bandung aja :)